Selasa, 14 Mei 2019

Juknis Beasiswa Tahfidz Al-Qur'an PTKI Tahun Anggaran 2019

Juknis Beasiswa Tahfidz Al-Quran

Keputusan Dirjen Pendis Nomor 7241 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Tahfidz Al-Qur'an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tahun Anggaran 2019.


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Keputusan Dirjen Pendis Nomor 7241 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Tahfidz Al-Qur'an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tahun Anggaran 2019.


Sesuai Keputusan Dirjen Pendis bahwa dalam rangka pengembangan mahasiswa yang menghafalkan Al Qur’an maka dipandang perlu menyelenggarakan Beasiswa Tahfidz Qur’an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2019;

Agar Beasiswa Tahfidz Qur’an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2019 diberikan tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu, perlu dibuat petunjuk teknis;

Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam kalimat diatas, perlu menetapkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Tahfidz Qur’an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2019;

Tantangan perguruan tinggi termasuk di dalamnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) kian hari makin komplek, ditengah arus globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi dan masalah-masalah gerakan transnasional yang tumbuh berkembang di Indonesia. Dibutuhkan pemahaman Islam yang moderat, toleran dan damai yang digali dari Al-Qur’an, Hadits dan sumbersumber keagamaan Islam lainnya. Profil lulusan PTKI yang tidak saja cerdas intelektualnya namun juga emosional dan moral sangat dibutuhkan.

Arah pembangunan Pendidikan Tinggi Islam adalah agar memiliki basis budaya riset sehingga mampu menghasilkan lulusan yang Islamidan unggul dalam mengintegrasikan keilmuan dengan nilai keislaman, dilandasi penyelenggaraan pendidikan yang selaras dengan prinsip good governance, terintegrasi dengan pembinaan kepribadian, dan pengembangan jaringan akademis, yang dilaksanakan melalui Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS).

Dalam kontek menghasilkan lulusan yang Islami dan unggul dalam mengintegrasikan keilmuan dengan nilai keislaman tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan berbagai program, salah satunya program Bantuan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an bagi kalangan Mahasiswa PTKI. Program ini merupakan langkah afirmasi Kementerian Agama RI terhadap mahasiswa yang sedang dan telah menghafal Al-Qur’an yang tersebar di PTKI.

Melalui program ini diharapkan para mahasiswa termotivasi, terinspirasi untuk gemar menghafal dan menyelesaikan hafalannya sampai tuntas 30 juz. Ini penting agar PTKI kian hari kian bermutu, utamanya pada penguasaan bidang hafidzul quran.

Maksud dan Tujuan Program Beasiswa Tahfidz Qur'an

Maksud penyelenggaraan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an (BTQ) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) adalah meningkatkan pemahaman dan penguasaan ilmu-ilmu ke-Islaman khususnya bidang tahfidzul Quran sehingga dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kepribadian mahasiswa Islam.

Sedangkan tujuan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) adalah sebagai berikut:
  • Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa yang telah dan sedang menghafal Al-Qur’an;
  • Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjaga nilai-nilai ke-Islaman dan meningkatkan kapasitas mahasiswa PTKI dalam menghafal Al- Qur’an;
  • Meningkatkan kualitas akademik mahasiswa penghafal Al-Qur’an di lingkungan PTKI sehingga mampu bersaing dengan mahasiswa lainnya;
  • Mendorong PTKI untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat mendukung berkembangnya mahasiswa yang menghafalkan Al-Qur’an.

Tujuan Petunjuk Teknis Program Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an ini adalah untuk:
  • Menstandarisasi pelaksanaan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an di lingkungan PTKI;
  • Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan program Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an di lingkungan PTKI;
  • Mempermudah dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an di PTKI.

Sasaran Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an adalah mahasiswa yang sedang menghafal Al Qur’an pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang berada di lingkungan Kementerian Agama.

Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an PTKIN diberikan oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UIN, IAIN dan STAIN) kepada mahasiswa yang sedang menghafal Al-Qur’an.

Sedangkan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an PTKIS diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang sedang menghafal Al-Qur’an minimal 10 Juz.

Bentuk bantuan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an adalah bantuan pemerintah berupa beasiswa yang diberikan dalam bentuk uang dan bersifat stimulant kepada mahasiswa yang sedang menghafal Al-Qur’an.

Persyaratan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta sebagai penerima Bantuan Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an PTKI Tahun 2019 adalah:
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Mendaftar secara online melalui website www.diktis.kemenag.go.id bagi peserta beasiswa Tahfidz PTKIS. Adapun mekanisme pendaftaran Beasiswa Tahfidz pada PTKIN diserahkan sepenuhnya kepada PTKIN masing-masing;
  3. Telah mempunyai hafalan Al-Qur’an minimal 10 Juz untuk beasiswa tahfidz PTKIS. Sedangkan untuk batas minimum beasiswa tahfidz pada PTKIN diserahkan sepenuhnya kepada PTKIN masing-masing;
  4. Mahasiswa aktif Strata 1 (S1) atau Diploma 3 (D3) dan memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih aktif.
  5. Fotokopi ijazah atau surat keterangan (bermaterai) dari ustadz/Guru/Kyai yang menerangkan mahasiswa tersebut hafizh Al Qur’an minimal 10 Juz.
  6. Mahasiswa menandatangani Pakta Integritas.
  7. Mahasiswa tidak terlibat dalam organisasi atau aktifitas anti Pancasila dan NKRI.
  8. Dokumen Pencairan, yaitu fotokopi buku rekening dan surat keterangan/referensi dari bank yang menyatakan bahwa rekening mahasiswa calon penerima bantuan tersebut benar dan masih aktif.

Silahkan Download Petunjuk Teknis Berikut ini



Download Juknis Beasiswa Tahfidz Al-Qur'an

Demikianlah artikel tentang, Keputusan Dirjen Pendis Nomor 7241 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Tahfidz Al-Qur'an PTKI Tahun Anggaran 2019. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!
Load disqus comments

0 komentar