Recents in Beach

Positif

Update Hari ini:

Info COVID-19 di Indonesia

Smile emoticon POSITIF Happy Face emoticon SEMBUH Loudly crying emoticon MENINGGAL

Soal PH Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban

Soal PH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban - Pada kesempatan kali ini Ilmuguru.org ingin memberikan informasi mengenai soal ulangan yang akan datang di tahun ini.



Soal dan Jawaban PH/UH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3 Kurikulum 2013 yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi akhir kurikulum 2013.

Soal PH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban, dalam format doc, bentuk soal tematik, pilihan ganda, isian dan essay menjadikan soal ini begitu komplit yang kami sediakan, berdasarkan kisi-kisi soal.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana belajar bagi para siswa yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan PH/UH /2020.

Soal PH/UH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3

Latihan Soal PH/UH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3


Berikut ini Contoh Soal PH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3 Kurikulum 2013 yang bisa adik-adik pelajari disini.

A. Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Pada jaring-jaring makanan, dimungkinkan terjadi persaingan antarmakhluk hidup, baik di dalam rantai makanan, maupun di dalam jaring-jaring makanan. Jelaskan yang di maksud dengan jaring-jaring makanan!
2. Selain hal-hal besar yang dapat memulihkan keseimbangan ekosistem, ada juga hal-hal di tingkat rumah tangga. Sebutkan hal-hal di tingkat rumah tangga tersebut !
3. Salah satu akibat dari kegiatan manusia yang tidak ramah lingkungan adalah?
4. Terdapat beberapa kegiatan manusia yang secara langsung mempengaruhi keseimbangan ekosistem. Sebutkan kegiatan tersebut !
5. Salah satu cara sederhana untuk mengurangi pencemaran adalah dengan mengolah kembali sampah terutama sampah dapur. Apa yang kamu ketahui tentang sampah dapur ?
6. Sebutkan beberapa cara manusia untuk memulihkan keseimbangan ekosistem!
7. Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sebutkan dampak dari kondisi tersebut!
8. Apa yang di maksud dengan kebudayaa daerah?
9. Mengapa Indonesia di kenal dengan negara agraris?
10. Jelaskan perbedaan negara maritim dan agraris!

B. Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Sebagai negara kepulauan sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam meningkatkan perekonomian? Jelaskan!
2. Apa yang di maksud dengan wawasan dengan nusantara?
3. Manfaat ekonomi seperti apakah yang diperoleh bangsa Indonesia karena pengaruh letak geografisnya?
4. Mengapa penebangan pohon dan pembakaran hutan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem?
5. Sebutkan dan jelaskan dua faktor yang menyebabkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem!
6. Tuliskan ide pokok dari paragraf di bawah ini!


7. Perhatikan gambar berikut.


Gambar diatas merupakan hutan yang tersusun atas satu jenis tumbuhan seperti cemara, pinus dan sejenisnya. Hewan seperti beruang hitam dan ajag biasanya hidup di ekosistem ini. Disebut apakah ekosistem pada gambar diatas ?
8. Lagu Kampuang Nan Jauah di Mato dapat dinyanyikan dengan iringan musik ritmis. Apakah yang dimaksud alat musik ritmis ?
9. Gurun merupakan ekosistem yang paling gersang karena curah hujan yang sangat rendah. Hewan apakah yang bisa hidup pada ekosistem tersebut ?
10. Selain ekosistem alami ada juga ekosistem buatan, sebutkan 3 contoh ekosistem buatan !


I. Kunci Jawaban A
1. Jaring-jaring makanan adalah Kumpulan dari berberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem.
2. Letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai dan tsunami.
3. Pencemaran
4. Hal-hal di tingkat rumah tangga yang dapat memulihkan keseimbangan ekosistem :
• Menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat lebih banyak taman terbuka untuk serapan air
• Memelihara wilayah aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai
• Menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai
• Belajar membuat kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga
• Mengurangi sampah plastik
• Melakukan daur ulang
• Menghindari menggunakan alat-alat rumah tangga sekali pakai
5. Sampah Dapur adalah sisa buangan dari bahan makanan yang dimasak. Sebagain besar sampah dapur bersifat organis yang mengandung nutrien yang baik untuk tanah dan organisme yang hidup di dalamnya. Sampah organik dapat diolah kembali menjadi kompos.
6. Beberapa cara manusia untuk memulihkan keseimbangan ekosistem :
• Mengurangi penebangan hutan secara sembarangan
• Mengurangi penggunaan bahan kimia dalam kegiatan pertanian
• Menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem, misalnya dengan menghindari penggunaan pukat harimau dan bahan peledak
• Membuat suaka margasatwa, cagar alam, hutan lindung atau taman nasional yang dilindungi negara
7. Dampak dari wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut yaitu melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah.
8. Kebudayaan daerah adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas daerah masing-masing dan akar dari kebudayaan nasional.
9. Indonesia di kenal dengan negara agraris karena sebagian besar penduduk indonesia memiliki mata pencarian pada sektor pertanian dan Indonesia terkenal sebagai penghasil rempah-rempah dan memiliki tanah yang subur. Contoh hasil pertaniannya yaitu Kelapa sawit, beras, jagung, cengkeh, tembakau, teh, karet, kopi, dan tebu.
10. Perbedaan maritim dan agraris:
• Negara maritim adalah negara yang sebagaian besar wilayahnya merupakan perairan.
• Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani

II. Kunci Jawaban B
1. sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi. jaringan komunikasi telah dibangun sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia. Jaringan komunikasi ini akan memudahkan berbagai transaksi ekonomi, menyangkut permintaan dan penyediaan barang ekonomis antar daerah dan antarpulau. Dan dengan adanya sistem trasportasi darat, laut dan udara dapat mempermudah perpindahan barang antar daerah dan antar pulau.
2. Wawasan Nusantara adalah wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.
3. Beberapa manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia karena pengaruh letak geografis:
• Sebagai jalur perdagangan Internasional.
• Penambah devisa negara
• Banyak destinasi pariwisata
• Perkembangan pariwisata yang pesat
• Sebagai pusat perekonomian dua benua dan dua samudera.
4. Karena Penebangan pohon-pohon di hutan jelas akan merusak ekosistem hutan dan menghilangkan fungsi tumbuhan sebagai penahan air dan penghasil oksigen. Dan Pembakaran hutan berakibat terbunuhnya berbagai jenis organisme hutan yang mempunyai peran untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem.
5. Dua jenis faktor yang menyebabkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor manusia.
• Faktor alami adalah faktor yang disebabkan oleh alam seperti gunung meletus, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, dan tsunami
• Faktor Manusia adalah berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti penebangan pohon, pembakaran hutan, berburuhewan liar.
6. Macam-macam kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.
7. Taiga
8. Alat Musik Ritmis adalah alat musik tidak bernada. Alat musik ini digunakan untuk keteraturan irama lagu.
9. Semut, ular, kadal, kalajengking dan beberapa hewan malam lainnya.
10. Contohnya manusia membuat sawah irigasi, membuat bendungan dan membuat sekolah



Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab

Download Soal PH/UH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3 Kurikulum 2013

Untuk Contoh Soal PH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban. Soal PH/UH ini bisa anda gunaka sebagai referensi dalam belajar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PH/UH /2020. Silahkan Download pada link Berikut ini.



Download Soal dan Jawaban PH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3 New..!!

Demikianlah artikel tentang, Soal PH Kelas 5 Tema 5 SubTema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar