Recents in Beach

Soal UAS/PAS Tematik SD Kelas 4 Tema 8 K-13 Tahun 2020

Latihan Soal UAS/PAS Tematik Kelas 4 Tema 8 dan Kunci Jawaban Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020)




Pada kesempatan kali ini Ilmuguru.org ingin memberikan informasi mengenai Soal Ulangan UAS/PAS Jenjang Sekolah Dasar (SD/MI) Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun 2020.

Ulangan Akhir Semester (UAS/PAS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Soal UAS Kelas 4 Tema 8 Kurikulum 2013

Contoh Soal UAS/PAS Tematik Kelas 4 Tema 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana belajar bagi para siswa yang duduk di bangku Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS/PAS).

Berikut ini Latihan Soal UAS/PAS Kelas 4 Tema 8 Kurikulum 2013 Tahun 2020.

1. Sikap dalam menghadapi perbedaan Agama antarteman yaitu..
a. Menghormati teman yang sedang melakukan ibadah.
b. Memilih dalam berteman
c. Mengusilkan teman yang berbeda agama.
d. Membuat keributan ketika ada teman yang sedang melakukan ibadah.

2. Keberagaman karakteristik yang ada di rumah meliputi, kecuali…
a. Jenis kelamin
b. Kegemaran
c. Usia
d. Tempat tinggal

3. Setiap hari Ahad pagi Doni bermain badminton Bersama dengan teman- temannya, sedangkan Ayah melakukan Lari pagi di Alun-alun kota. Perbedaan karakteristik yang ada pada Doni dan Ayah adalah..
a. Kegemaran
b. Fisik
c. Usia
d.Tempat tinggal

4. Keberagaman yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah…
a. Agama
b. Usia
c. Profesi
d. Kegemaran

Soal No 5- 8
Si Pitung
Suatu sore Si Pitung melihat kelakuan anak buah Babah Liem yang sewenang-wenang. Babah Liem adalah tuan tanah di daerah tempat tinggal Si Pitung. Dia dan anak buahnya sering merampas harta rakyat dan menarik pajak tinggi. Sebagian hasil rampasan itu diberikan kepada pemerintah Belanda.
Si Pitung bertekad untuk melawan anak buah Babah Liem. Kemudian, dia berguru kepada Haji Naipin, seorang ulama yang juga pandai ilmu bela diri. Si Pitung cepat menguasai semua ilmu yang diajarkan oleh Haji Naipin.
”Pitung, gunakan ilmu yang kuberikan untuk membela orang-orang yang tertindas. Jangan sekali-kali kau gunakan ilmumu ini untuk menindas orang lain,” pesan Haji Naipin.
Sekarang Si Pitung sudah siap melawan anak buah Babah Liem. Dia menghentikan ulah anak buah Babah Liem yang sedang merampas harta rakyat jelata.
”Heh, Anak Muda! Siapa kau? Beraninya menghentikan kami!” tanya salah satu anak buah Babah Liem.
”Kalian tak perlu tahu siapa aku. Yang jelas, aku akan menghentikan ulah kalian selamanya,” jawab Si Pitung.
Anak buah Babah Liem menyerang Si Pitung. Namun, Si Pitung bisamengalahkan mereka semua. Sejak saat itu, nama Si Pitung terkenal di kalangan penduduk.
Si Pitung memutuskan untuk mengabdikan hidupnya pada rakyat jelata. Dia bertekad untuk mengambil kembali hak yang sudah dicuri oleh tuan tanah dan mengembalikannya kepada rakyat. Dia mengajak beberapa temannya untuk bergabung dengannya.
Kelakuan Si Pitung tidak disukai oleh tuan tanah dan juga pemerintah Belanda. Mereka mengeluarkan perintah untuk menangkap Si Pitung. Namun, Si Pitung amat cerdik. Dia selalu berpindah tempat sehingga pemerintah Belanda dan juga tuan tanah tidak bisa menangkapnya. Karena kesal, pemerintah Belanda menggunakan cara licik. Mereka menangkap Pak Piun, ayah Si Pitung dan Haji Naipin.
Salah satu pejabat pemerintah Belanda yang bernama Schout Heyne mengumumkan bahwa jika Si Pitung tak menyerah, Pak Piun dan Haji Naipin akan dihukum.
Si Pitung mendengar berita tentang penangkapan ayah dan gurunya itu. Kemudian, dia menghadap Schout Heyne dan menyerahkan diri. Dia tak mau ayah dan gurunya menderita.
”Pitung, kau telah meresahkan banyak orang dengan kelakuanmu itu. Untuk itu, kau harus dihukum tembak,” kata Schout Heyne.
”Kau tidak keliru? Bukannya kau dan tuan tanah itu yang meresahkan orang banyak? Aku tidak takut dengan ancamanmu!” jawab Si Pitung.Schout Heyne benar-benar melaksanakan ancamannya. Si Pitung
dihukum tembak. Hidup Si Pitung berakhir di ujung peluru. Namun, kisah kepahlawanannya tetap dikenang. Si Pitung, si pahlawan rakyat jelata.

Sumber: Dian K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.

5. Tokoh utama dalam cerita “Si Pitung” adalah…
a. Haji naipin
b. Pak piun
c. Babah liem
d. Si pitung

6. Tokoh antagonis pada cerita “Si Pitung” adalah…
a. Haji naipin
b. Pak piun
c. Babah liem
d. Si pitung

7. Tokoh yang bernama Haji Naipin pada cerita “ Si Pitung” merupakan tokoh..
a. Deutragonis
b. Campuran
c. Antagonis
d. Protagonis

8. Watak si pitung di dalam cerita adalah…
a. Pemberani dan Peduli
b. Pemberani dan penyabar
c. Peduli dan baik hati
d. Baik hati dan penyabar

9. Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada tanaman yang mereka tanam. tanaman yang di tanam di dataran tinggi adalah…
a. Padi dan palawija.
b. Kol dan wortel
c. Bawang dan palawija
d. kubis dan Palawija

10. kondisi geografis negara Indonesia merupakan salah faktor yang menyebabka perbedaan mata pencaharian penduduk Indonesia. Dari kondisi tersebut mata pencaharian yang paling banyak di lakukan masyarakat di Indonesia adalah…
a. Berlayar
b. Bertani
c. Budi daya ikan
d. Berburu

11. Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak tempat pariwisata. Banyak orang yang menghabiskan hari liburnya di Yogyakarta. Dengan demikian Usaha yang sangat cocok di lakukan di yogyakarta adalah..
a. Mendirikan tempat penginapan
b. Mendirikan tempat pariwisata
c. Membuat kerajinan tangan
d. Membuat berbagai pertunjukan

12. Orang yang melakukan kegiatan menghasilkan barang dan jasa disebut..
a. Konsumsi
b. Konsumen
c. Produksi
d. Produsen

13. karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume disebut…
a. Karya dua dimensi
b. Karya tiga dimensi
c. Karya satu dimensi
d. Karya empat dimensi

14. Pada notasi angka lagu Yamko Rambe Yamko menggunakan nada yang di gunakan adalah…
a. Nada tinggi dan nada sedang.
b. Nada tinggi dan nada rendah.
c. Nada tinggi dan nada cepat.
d. Nada Lambat dan nada sedang.

15. Tinggi rendah nada yang berurutan dalam sebuah lagu disebut …
a. Tempo
b. Intonasi
c. Melodi.
d. Birama

16. Tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah merupakan contoh tarian…
a. Tari Kreasi baru
b. Tari tradisional
c. Tari modern
d. Tari semi modern

17. Pengaruh gaya terhadap benda yang menunjukkan benda bergerak dan berubah arahnya yaitu…
a. Bola kasti yang dilempar kemudian dipukul.
b Pembuatan asbak dan pembuatan bata merah.
c. Mobil mogok yang kemudian didorong.
d. Mobil yang melaju kemudian direm

18. Gaya yang terdapat pada permainan ketapel adalah…
a. Gaya Tarik
b. Gaya otot
c. Gaya pegas
d. Gaya gesek

19. Perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya disebut…
a. Gerak
b. Suhu
c. Gaya
d. Energi

20. Suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk disebut…
a. Gerak
b. Suhu
c. Gaya
d. Energi

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
21. Kita sebagai warga negara Indonesia hendaknya saling menghormati perbedaan karakteristik antarmasyarakat. Banyak manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia. Sebutkan beberapa manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia!.
22. Adanya karakteristik individu dalam masyarakat sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak manfaat lain adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi. Sebutkan manfaat tersebut!

Teks bacaan soal No 23 dan 24
Asal Mula Telaga Warna
Dahulu kala di Jawa Barat, ada Raja dan Permaisuri yang belum dikarunia anak. Padahal, mereka sudah bertahun-tahun menunggu. Akhirnya, Raja memutuskan untuk bertapa di hutan.
Di hutan Raja terus berdoa kepada Yang MahaKuasa. Raja meminta agar segera dikarunia anak. Doa Raja pun terkabul.
Permaisuri melahirkan seorang bayi perempuan. Raja dan Permaisurisangat bahagia. Seluruh rakyat juga bersuka cita menyambut kelahiran Putri Raja.
Raja dan Permaisuri sangat menyayangi putrinya. Mereka juga sangat memanjakannya. Segala keinginan putrinya dituruti. Tak terasa Putri Raja telah tumbuh menjadi gadis yang cantik. Hari itu dia berulang tahun ketujuh belas. Raja mengadakan pesta besar-besaran. Semua rakyat diundang ke pesta.
Raja dan Permaisuri telah menyiapkan hadiah istimewa berupa kalung. Kalung terbuat dari untaian permata berwarna-warni. Saat pesta berlangsung, Raja menyerahkan kalung itu.
”Kalung ini hadiah dari kami. Lihat, indah sekali, bukan? Kau pasti menyukainya,” kata Raja.
Raja bersiap mengalungkan kalung itu ke leher putrinya. Sungguh di luar dugaan, Putri menolak mengenakan kalung itu.
”Aku tak suka kalung ini, Ayah,” tolak Putri dengan kasar. Raja dan Permaisuri terkejut. Kemudian, Permaisuri berusaha membujuk putrinya dengan lembut. Permaisuri mendekat dan hendak memakaikan kalung itu ke leher putrinya.
”Aku tidak mau! Aku tidak suka kalung itu! Kalung itu jelek!” teriak Putri sambil menepis tangan Permaisuri. Tanpa sengaja, kalung itu terjatuh. Permata-permatanya tercerai-
berai di lantai. Permaisuri sangat sedih. Permaisuri terduduk dan menangis. Tangisan Permaisuri menyayat hati. Seluruh rakyat yang hadir turut menangis. Mereka sedih melihat tingkah laku Putri yang mereka sayangi.
Tidak disangka, air mata yang tumpah ke lantai berubah menjadi aliran air. Aliran air menghanyutkan permata-permata yang berserakan. Air tersebut mengalir ke luar istana dan membentuk danau. Anehnya, air danau berwarna-warni seperti warna-warna permata kalung Putri. Kini danau itu dikenal dengan nama Telaga Warna.
Dian K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.

23. Siapa Tokoh- tokoh yang terdapat pada cerita “ Asal Mula Telaga Warna”?
24. Bagaima sifat dari seorang putri pada cerita tersebut!
25. Sebutkan aktivitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di daerah dataran tinggi!
26. Sebutkan dan jelaskan macam- macam kegiatan ekonomi!
27. Apa yang di maksud dengan tempo? Sebutkan macam- macam tempo!
28. Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Sebutkan dan jelaskan tiga jenis benda tersebut!
29. Apa yang terjadi pada bola yang ditendang? Jelaskan!
30. Apa yang dimaksud dengan gaya? Sebutkan beberapa pengaruh gaya terhadap gerakan benda!

Download Soal UAS/PAS Tematik Kelas 4 Tema 8 Kurikulum 2013

Untuk Contoh Soal UAS/PAS Tematik Kelas 4 Tema 8 dan Kunci Jawaban Tahun 2020. Soal UAS/PAS ini bisa anda gunaka sebagai referensi dalam belajar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS/PAS Tahun Pelajaran 2019/2020. Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab


Download Soal UAS Tematik Kelas 4 Tema 8 Tahun 2020 New

Demikianlah artikel tentang, Soal UAS Tematik Kelas 4 Tema 8 dan Kunci Jawaban Tahun 2020. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar