Home » , » RPP 1 Lembar Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 K-13 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 K-13 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 K-13 Revisi 2020 - Pada kesempatan kali ini IG (Ilmuguru.org) ingin memberikan informasi mengenai Penyusunan/Pembuatan RPP SMP/MTs Terbaru.



Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

RPP 1 Lembar Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 K-13 Revisi 2020 merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem mengatakan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.

Untuk saat ini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.

RPP Prakarya SMP Kelas 7 Revisi

Contoh RPP 1 Lembar Prakarya SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2019/2020

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Memahami pengertian, sejarah, jenis, sifat, dari karakteristik dari bahan serat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan,
  2. Memahami teknik pengolahan, produk dan prosedur pembuatan serta kemasan bahan serat berdasarkan karakter yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat.

MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR
  • Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian dan LCD Proyektor
  • Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papantulis, Laptop & infocus.
  • Sumber Belajar : Buku Prakarya Siswa Kelas VII Semester 1, Kemendikbud, buku refensi yang relevan Serta lingkungan setempat
  • Internet di situs website resmi http://www.ilmuguru.org

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan (15 Menit)
  1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  2. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
  3. Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi : Jenis dan pengolahan serat.
  4. Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

B. Kegiatan Inti (90 Menit)
1. Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Jenis Serat dengan cara melihat, mengamati, membaca melalui tayangan yang di tampilkan.
2. Critical Thinking (Berpikir Kritik)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar khususnya pada materi Jenis dan pengolahan Serat.
3. Collaboration (Kerjasama)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Jenis dan pengolahan Serat.
4. Communication (Berkomunikasi)
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
5. Creativity (Kreativitas)
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Jenis dan pengolahan Serat. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

C. Penutup (15 Menit)
  • Peserta didik dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran.
  • Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari hasil kegiatan Pembelajaran.
  • Guru Memberikan penghargaan( misalnya Pujian atau bentuk penghargaan lain yang Relevan kepada kelompok yang kinerjanya Baik.
  • Menugaskan Peserta didik untuk terus mencari informasi dimana saja yang berkaitan dengan materi/pelajaran yang sedang atau yang akan pelajari.
  • Guru menyampaikan materi pembelajaran berikutnya.
  • Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan doa.

Download RPP Prakarya SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013

Penyusunan RPP 1 Lembar Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 K-13 Revisi 2020 secara efisien dan efektif dilakukan agar guru memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Selengkapnya silahkan unduh disini.



Download RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 1 Revisi 2020 New..!!

Baca Juga : Download RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 Semester 2 Revisi 2020

Demikianlah artikel tentang, RPP 1 Lembar Prakarya SMP Kelas 7 Semester 1 K-13 Revisi 2020. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Perhatian : Jika disitus web ini anda menemukan soal tersebut tanpa kunci jawaban dan anda menginginkan Jawabannya. Segera kirim soal tersebut ke Email kami melalui kontak email atau kirim kirim ke E-Mail: ilmuguru97@gmail.com Kami Minta jeda cuman 1 hari pasti kami akan kerjakan dengan kunci jawaban yang tepat.

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top