Komentar Anda

Menyosngsong Bonus Demografi Penduduk Dengan Peningkatan Kualitas SDA Lulusan SMK

Menyongsong Bonus Demografi Penduduk

Menyongsong Bonus Demografi Penduduk Dengan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Lulusan SMK

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Menyongsong Bonus Demografi Penduduk Dengan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Lulusan SMK.




Bonus demografi, atau sering juga disebut dengan istilah demographic gift merupakan keuntungan ekonomis yang disebabkan oleh menurunnya rasio ketergantungan sebagai hasil dari proses penurunan fertilitas jangka panjang (Adioetomo, 2005).

Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi pada 2030-2040. Kondisi ini ditandai dengan jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).

Pada periode tersebut, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa (DSF, 2011).

Kesempatan untuk menikmati bonus demografi masanya terbatas. Peluang untuk meraih bonus demografi terbesar terjadi pada periode yang dinamakan window of opportunity, yakni menjelang berakhirnya periode emas transisi demografi.

Pada periode ini, angka rasio ketergantungan berada pada titik yang terendah, biasanya di bawah 50% (Adioetomo, 2005).

Artinya, jumlah penduduk usia kerja saat itu lebih dari dua kali lipat penduduk non usia kerja (atau rasio penduduk usia kerja per non usia kerja adalah lebih dari dua).

Download White Paper SMK : Menyongsong Bonus Demografi Lulusan SMK

Tujuan kajian kebijakan ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengevaluasi tentang fenomena tingkat pengangguran di Indonesia pada usia 18 sampai 25 tahun, khususnya pada penduduk lulusan SMK serta menganalisis hubungan antara tingkat Pendidikan dan kelompok umur terhadap tingkat pengangguran di Indonesia. Selengkapnya silahkan unduh disni.



Download Menyongsong Bonus Demografi Penduduk Dengan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Lulusan SMK

White Paper SMK Lainnya:


Demikianlah artikel tentang, Menyongsong Bonus Demografi Penduduk Dengan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Lulusan SMK. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar