Home » » RPP K-13 Seni Budaya SMA Kelas 12 Semester 1 Revisi 2019

RPP K-13 Seni Budaya SMA Kelas 12 Semester 1 Revisi 2019

RPP Seni Budaya Kelas 12 Semester 1

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai RPP Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2019.




Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Langkah-langkah mengembangkan RPP


Menurut panduan teknis penyusunan RPP Seni Budaya Kelas 12 Semester 1 K13 Revisi 2019, pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau yang disebut RPP Tematik. RPP tematik adalah rencana pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan secara rinci dari suatu tema. Langkah-langkah pengembangan RPP tematik adalah:
  • Mengkaji silabus tematik
  • Mengidentifikasi materi pembelajaran
  • Menentukan tujuan
  • Mengembangkan kegiatan Pembelajaran
  • Penjabaran jenis penilaian
  • Menentukan alokasi waktu
  • Menentukan sumber belajar.

Pengembangan RPP Seni Budaya Kelas 12 SMA/SMK Semester 1 K13 Revisi 2019 dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas 10, 11 dan 12.

Pengembangan RPP Seni Budaya Kelas 12 SMA/SMK Semester 1 K13 Revisi 2019 mengikuti prinsip-prinsip sebagai berikut:
Baris isi
  1. RPP merupakan terjemahan dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam betuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP dikembangkan sesuai dengan yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar.
  3. RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik.
  4. RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik yang mandiri dan tak berhenti belajar.
  5. RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis.
  6. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan.
  7. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi, dan umpan balik.
  8. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belalajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  9. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Baca Juga :

Download RPP Seni Budaya Kelas 12 Semester 1


RPP Seni Budaya Kelas 12 SMA/SMK Semester 1 K13 Revisi, terdiri dari beberapa pembahasan. RPP ini merupakan versi terbaru pada sekolah Menengah Atas, dalam format word sehingga memudahkan dalam mengedit dan menyesuaikan. Bagi anda yeng membutuhkan RPP ini silahkan Download Pada link Berikut ini.



RPP Seni Budaya Kelas 12 SMA/SMK Semester 1 Revisi

Baca Juga : RPP Seni Budaya Kelas 12 SMA/SMK Semester 2 Revisi

Demikianlah artikel tentang, RPP Seni Budaya Kelas 12 SMA/SMK Semester 1 K13 Revisi. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top