Komentar Anda

Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020

Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020 - Pada kesempatan kali ini IG (Ilmuguru.org) ingin memberikan informasi mengenai Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020.




Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang sains bagi siswa SMP yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kab./kota, provinsi, dan nasional.

Olimpiade Sains Nasional yang biasa disingkat OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Peserta OSN (sekarang berganti menjadi Kompetisi Sains Nasional, disingkat : KSN) adalah siswa yang telah lulus seleksi untuk setiap tingkatan, baik itu di Sekolah, Kab./Kota, dan Propinsi. Mereka adalah siswa-siswi terbaik di bidang sains yang siap bertarung di bidang studi : Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Disini

KSN adalah kegiatan Kemendikbud tahunan guna memberikan ruang belajar, memfasilitasi peserta didik dalam menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Sains dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat agar dapat meningkatkan kemampuannya.

Persyaratan Peserta Lomba KSN (OSN) SMP Tahun 2020

  1. Berkewarganegaraan Indonesia;
  2. Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada KSN SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya;
  3. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs Negeri/Swasta, atau yang sederajat;
  4. Kelas 7 atau 8 pada Tahun Ajaran 2019/2020, saat mengikuti seleksi KSN di tingkat Kab./Kota dan Provinsi;
  5. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik);
  6. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah;
  7. Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti;
  8. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah;
  9. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah; dan
  10. Setiap peserta hanya berhak mengikuti 1 (satu) bidang lomba.

Pendaftaran Peserta KSN (OSN) SMP Tahun 2020

Pendaftaran peserta KSN SMP dilakukan dengan cara pendaftaran daring, ini dilakukan oleh para siswa terbaik yang terpilih mengikuti seleksi KSN SMP tahap berikutnya. Pendaftaran daring dapat diakses pada laman: http://pesertadidik.ditpsmp.kemdikbud.go.id/

Ada 2 (dua) tahap pendaftaran daring: Tahap 1 pendaftaran daring KSN SMP Tingkat Provinsi dan Tahap 2 pendaftaran daring KSN SMP Tingkat Nasional.

Tahap 1
Pendaftaran daring ini ditujukan bagi siswa juara KSN SMP Tingkat Kabupaten/Kota 3 bidang lomba (berdasarkan ketentuan penilaian) yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Penetapan Juara KSN SMP Tingkat Kab/Kota yang ditandatangani oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Tahap 2
Pendaftaran daring Tahap 2 dilakukan oleh para siswa yang lolos seleksi KSN SMP Tingkat Provinsi yang ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Penetapan Peserta KSN SMP Tingkat Nasional ditandatangani oleh Direktur Pembinaan SMP.

Para siswa yang lolos pada Tahap 1 dan Tahap 2 melakukan pendaftaran daring (registrasi online) pada laman: http://pesertadidik.ditpsmp.kemdikbud.go.id/ dengan memilih menu REGISTRASI, dan memperhatikan batas waktu pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan pada Tabel 2.

Jadwal Pelaksanaan Kompetensi Sains Nasional (KSN) Tingkat SMP Tahun 2020

Jadwal pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP tahun 2020 direncanakan sebagai berikut:

Jadwal Pelaksanaan KSN (OSN) SMP Tahun 2020
IMAGE

Download Juklak KSN SMP Tahun 2020

Petunjuk pelaksanaan ini dibuat dalam rangka sosialisasi sekaligus informasi mengenai panduan kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMP tahun 2020 agar program dan kebijakan dapat dicapai sesuai target yang telah ditetapkan. Selengkapnya silahkan unduh disini.



Download Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020

Demikianlah artikel tentang, Juklak KSN (OSN) SMP Tahun 2020. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar