Recents in Beach

Positif

Update Hari ini:

Info COVID-19 di Indonesia

Smile emoticon POSITIF Happy Face emoticon SEMBUH Loudly crying emoticon MENINGGAL

Soal PH Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban

Soal PH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban - Pada kesempatan kali ini Ilmuguru.org ingin memberikan informasi mengenai soal ulangan yang akan datang di tahun ini.



Soal dan Jawaban PH/UH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3 Kurikulum 2013 yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi akhir kurikulum 2013.

Soal PH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban, dalam format doc, bentuk soal tematik, pilihan ganda, isian dan essay menjadikan soal ini begitu komplit yang kami sediakan, berdasarkan kisi-kisi soal.

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana belajar bagi para siswa yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan PH/UH /2020.

Soal PH/UH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3

Latihan Soal PH/UH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3

Berikut ini Contoh Soal PH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3 Kurikulum 2013 yang bisa adik-adik pelajari disini.

A. Kerjakan soal-soal berikut ini!
PPKn
1. Gotong royong dan semangat kekeluargaan merupakan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila ….

“Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.”

2. Nilai yang terkandung dalam paragraph di atas adalah ….

Bahasa Indonesia
Bacalah teks pidato di bawah ini dengan cermat!
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan kepada kita semua hidayah serta nikmat yang tiada hentinya sehingga pada hari koperasi ini kita dapat berkumpul untuk merayakan hari koperasi tahun ini.

Terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada para hadirin dari perwakilan lembaga koperasi yang sudah berkenan hadir dalam acara peringatan hari koperasi ini dimana kehadiran sahabat sahabat koperasi semua sangat berarti dalam acara hari ini maka sekali lagi saya sampaikan terima kasih.

Para Hadirin yang saya banggakan,
Koperasi adalah salah satu organisasi perekonomian rakyat kita dimana peran kita dalam membangun perekonomian di Indonesia mempunyai nilai nilai jasa tersendiri, berkat usaha dan perjuangan kita dalam bersosial membangun koperasi ini kita dapat membantu perkembangan ekonomi di negara kita.

Melalui pidato ini juga saya sampaikan selamat hari koperasi nasional kepada seluruh pelaku yang terjun ke dalam dunia kekoprasian Indonesia, kalian adalah sumberdaya berkualitas yang kami miliki untuk perkembangan perekonomian rakyat Indonesia, tanpa kalian mungkin koperasi ini tidak akan berdiri sampai sejauh ini, oleh karenanya saya ucapkan terima kasih sudah berkerja dengan hati demi pertumbukan ekonomi Indonesia.

Hadirin yang saya banggakan,
Lewat hari koperasi ini marilah kita bersama sama luruskan kembali niat kita demi pertumbuhan ekonomi di Indonesia melalui kinerja kita dalam berkoprasi, selain itu marilah kita terus mengembangkan diri dalam bekerja yang penuh dengan sifat yang demokratis dan sukarela membantu sesama dalam kehidupan berkerjasama.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan hari koperasi nasional ini, semoga untuk tahun tahun kedepan Indonesia menjadi negara yang perekonomiannya semakin kokoh. Bila ada salah kata mohon dimaafkan dan sekali lagi saya ucapkan selamat hari koperasi.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

3. Bagian yang menunjukkan penutup pidato dalam teks di atas yaitu ….
4. Bagian yang menunjukkan pembuka pidato dalam teks di atas yaitu …..

IPA
5. Tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia umumnya terbagi menjadi ….
6. Masa remaja merupakan …..

IPS
7. Menjalin kerja sama di bidang akademis dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara merupakan contoh kerja sama dalam bidang ….
8. Mengelola lembaga penelitian dan pengkajian pertanian atau Regional Centre of Graduate Study and Reaseach in Agricultural (SEARCA) di Los Banos, Filipina merupakan contoh kerja sama dalam bidang ….

SBdP
9. Pisau, kapak, martil, gergaji dan ampelas digunakan dalam pembuatan patung berbahan ….
10. Butsir dan sudip. Alat yang berfungsi untuk mengambil dan menambal atau menambahkan bahan serta menghaluskan permukaan yang sulit dijangkau tangan. Biasanya, alat ini digunakan dalam pembuatan patung berbahan dasar ….

B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan benar!

PPKn
Bacalah teks di bawah ini dengan teliti!

Dheda dan Lima Butir Kentang
Dahulu, ada searang pencari kayu bakar bernama Dheda. Dia hdup bersama istri dan ketiga anaknya. Mereka keluarga miskin yang tinggal di gubuk sederhana. Sudah seminggu ini, turun hujan. Dheda pun tidak dapat pergi ke hutan mencari kayu bakar.

Istri Dheda berkata: Suamiku, persediaan makanan kita hampir habis. Di sini, hanya tersisa lima butir kentang. itu pun tidak cukup untuk makan kita sekeluarga.

Aku tahu, Bersabarlah, semaga besak tidak hujan dan aku dapat pergi bekerja. Sisa kentang yang ada biarlah untuk makan anak-anak saja, kata aheda.

Menjelang sore, ada seseorang yang mengetuk pintu rumah Dheda. Setelah dibuka, ternyata ada searang pengemis tua. Dia basah kuyup kehujanan.

Aku sudah berhari-hari kehujanan. Aku juga kedinginan dan kelaparan. Bolehkah aku minta sedikit makanan? tanyanya.

Dheda kasihan me1ihat si Pengemis. Tapi, dia juga tidak mempunyai banyak makanan. Dheda bermusyawarah dengan istri dan anak-anaknya. Akhirnya, mereka bersepakat untuk memberikan sisa makanan kepada si Pengemis.

Baiklah, kami akan memberikan lima butir kentang itu kepadamu. Kami sangat kasihan melihatmu kata Dheda kepada si pengemis. Tunggulah sebentar, aku akan memasaknya dulu, kata istri Dheda.

Setelah matang, kentangpun dihidangkan. Si Pengemis makan empat butir kentang. Kini, kentang yang tersisa tinggal satu. Sebelum pergi dia berpesan. jika kalian mau makan, irislah kentang ini menjadi lima. Pasti cukup untuk makan keluargamu.

Dheda kemudian mengiris kentang itu menjadi lima. Ternyata, kelima irisan kentang itu berubah menjadi lima butir kentang. Jika sebutir kentang diiris lima lagi, maka tiap irisannya akan menjadi lima butir kentang lagi. Begitu seterusnya.

Kini, Dheda dan keluarganya tidak pernah kekurangan makanan lagi. Dheda juga membagi-bagikan kentangnya kepada tetangganya.

1. Apa nilai Pancasila yang terkandung dalam bacaan di atas?
2. Tuliskan nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila!

Bahasa Indonesia
3. Tuliskan apa saja yang harus ada di dalam teks pidato!
4. Apa isi dari inti sebuah pidato?

IPA
5. Tuliskan cara-cara untuk menyikapi pubertas dengan benar!
6. Tuliskan ciri-ciri pubertas bagi laki-laki!

IPS
7. Tuliskan bentuk kerja sama untuk sector pendidikan di ASEAN guna meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan pemuda ASEAN!
8. Tuliskan bentuk kerja sama ASEAN di bidang iptek!

SBdP
9. Tuliskan langkah-langkah untuk membuat patung dari bubur kertas!
10. Sebutkan bahan lunak yang dapat digunakan untuk membuat patung!

================================================
Kunci Jawaban
A. Isian

PPKn
1. Kelima
2. Gotong royong, kerja keras

Bahasa Indonesia
3. Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan hari koperasi nasional ini, semoga untuk tahun tahun kedepan Indonesia menjadi negara yang perekonomiannya semakin kokoh. Bila ada salah kata mohon dimaafkan dan sekali lagi saya ucapkan selamat hari koperasi.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

4. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan kepada kita semua hidayah serta nikmat yang tiada hentinya sehingga pada hari koperasi ini kita dapat berkumpul untuk merayakan hari koperasi tahun ini.

Terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada para hadirin dari perwakilan lembaga koperasi yang sudah berkenan hadir dalam acara peringatan hari koperasi ini dimana kehadiran sahabat sahabat koperasi semua sangat berarti dalam acara hari ini maka sekali lagi saya sampaikan terima kasih.

IPA
5. Balita, kanak-kanak, remaja, dewasa, dan usia lanjut
6. Peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa

IPS
7. Pendidikan
8. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

SBdP
9. Kayu
10. Tanah liat

------------------------------------------
B. Uraian

PPKn
1. Keadilan dalam membagi sesuatu
2. - Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong.
- Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
- Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
- Menghormati hak orang lain.
- Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
- Suka bekerja keras.
- Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Bahasa Indonesia
3. Salam pembuka, pendahuluan, inti, keterangan lengkap tentang topic disampaikan secara rinci, penutup, salam penutup
4. Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.

IPA
5. - menjaga kebersihan tubuh
- menjaga kesehatan dengan memilih makanan sehat dan berolahraga
- hati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis
- memilih bacaan dan tontonan yang sesuai umur
- rajin beribadah sesuai dengan ajaran masing-masing

6. - badan bertambah tinggi.
- jakun mulai tumbuh.
- bahu bertambah lebar dan bidang.

IPS
7. - Mendorong hubungan kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan di berbagai tingkat pendidikan.
- Mendorong organisasi dan sekolah di tiap-tiap negara mencari mitra kerja sama di kawasan Asia Tenggara.
- Mengikuti pertukaran pelajar dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
- Mengadakan lokakarya atau mengundang dosen untuk memberikan kuliah di universitas negara lain.
- Menjalin kerja sama di bidang akademis dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

8. - Mengelola pusat penelitian untuk biologi atau Regional Centre for Tropical Biology (Biotrop) yang berpusat di Bogor, Indonesia.
- Mengelola pusat penelitian ilmu pengetahuan Matematika atau Regional Centre for iducation Science Mathematic (RECSAM) di Pinang, Malaysia.
- Mengelola pusat pendidikan bahasa Inggris atau Regional English Lenguage Center (RELC) di Singapura.
- Mengelola lembaga penelitian dan pengkajian pertanian atau Regional Centre of Graduate Study and Reaseach in Agricultural (SEARCA) di Los Banos, Filipina.

SBdP
9. - Siapkan kertas bekas.
- Rendam kertas kira-kira selama 24 jam sampai lunak.
- Buatlah kerangka menggunakan kawat. Besar kecilnya kawat menyesuaikan besar kecilnya patung yang akan dibuat.
- Kertas yang sudah lunak dapat ditumbuk lagi, lalu diperas dan dicampur dengan lem kanji (sampai berbentuk seperti tanah liat).
- Tempelkan bubur kertas pada kerangka kawat sesuai dengan bentuk yang dinginkan.
- Untuk mendapatkan lapisan luar yang halus, lapislah dengan kertas yang berwarna putih dengan lem.
- Jemur patung di bawah sinar matahari.
- Setelah kering, warnai patung dengan cat kayu atau cat tembok, sesuai warna yang kamu sukai.

10. tanah liat, bubur kertas, lilin, sabun batangan, atau plastisin



Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab

Download Soal PH/UH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3 Kurikulum 2013

Untuk Contoh Soal PH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban. Soal PH/UH ini bisa anda gunaka sebagai referensi dalam belajar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PH/UH /2020. Silahkan Download pada link Berikut ini.



Download Soal dan Jawaban PH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3 New..!!

Demikianlah artikel tentang, Soal PH Kelas 6 Tema 7 SubTema 3 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar