Jumat, 24 Mei 2019

Ebook Soal CPNS : Latihan Soal-Soal TKU Untuk CPNS

Ebook Soal CPNS - Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Ebook Soal CPNS : Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS.


Soal CPNS : Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS Pegawai negeri sipil (CPNS) adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Definisi peraturan baru PNS dan PPPK (P3K)

Seiring berjalannya waktu, Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 jo Undang Undang Nomor 43 Tahun 1999 diperbarui oleh pemerintah dengan menerbitkan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Sehingga TNI dan Kepolisian dianggap tidak lagi menjadi bagian dari pegawai negeri. Adapun pada UU ASN, definisi pegawai negeri dalam konteks pemerintahan Indonesia diganti dengan Aparatur Sipil Negara, sementara pegawai negeri sipil (PNS) menjadi salah satu jenis pekerjaan Aparatur Sipil Negara selain PPPK/P3K.

Sebelum memulai pembahasan mengenai Tes Kemampuan Umum (TKU), ada beberapa hal yang harus menjadi pegangan kita ketika bersiap diri dalam menghadapi ujian TKU. Pegangan ini kita ringkas menjadi "ACT".

A-nya adalah Analisis Diri
Cermati diri Anda, gali dan pahami apa sebenarnya yang menjadi kekuatan diri Anda? Aktivitas apa yang Anda senangi? Anda mulai merasa tidak nyaman jika berada dalam kondisi seperti apa? Sebaliknya kondisi nyaman yang Anda rasakan itu seperti apa? Dari beberapa pertanyaan semacam ini, akan mulai tergambar bahwa Anda memiliki minat dalam hal apa saja, Anda menyenangi pekerjaan seperti apa, dan Anda akan mampu meraih prestasi terbaik jika Anda berada dalam kondisi seperti apa.

Agar lebih meyakinkan diri Anda, dalam menganalisis gunakanlah metode SWOT (Strenght, Wekneess, Opportunity, Threat). Uraikan secara detail apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan Anda selama ini. Berkonsentrasilah dalam melakukan ini karena akan menjadi pijakan Anda dalam melangkah ke depan. Ingat, sedikit saja Anda lengah menganalisis, maka semakin lama semakin menjauhlah Anda dari apa yang menjadi cita-cita dan harapan Anda.

C-nya adalah Cara Pandang
Ubahlah cara pandang Anda yang selama ini menggunakan kacamata kuda, selalu berpikir "thinking in the box". Sering kali banyak permasalahan hidup tidak terpecahkan bukan karena Anda bodoh atau tidak teliti, tetapi karena Anda berkutat di permasalahan yang terjadi, bukan pada solusinya. Jangan terjebak pada hal-hal kecil dan mengabaikan hal-hal yang lebih penting. Gunakanlah "helicopter in the view ". Lihat sejenak setiap permasalahan dari sudut yang berbeda, karena solusi menjadi tampak lebih mudah dalam pandangan kita.

T-nya adalah Tangkap Peluang
Banyak di antara kita menyia-nyiakan peluang yang ada sehingga peluang itu lenyap karena terlalu banyak pertimbangan atau bahkan tidak yakin dengan apa yang akan dilakukannya. Ini adalah ciri orang yang tidak percaya diri. Jika Anda saja tidak memercayai diri sendiri, bagaimana mungkin orang lain akan memercayai Anda.

Jadi, jangan sekali-kali penyesalan datang setelah peluang itu berlalu. Hindari penyesalan dengan keyakinan diri untuk tidak terlalu banyak mempertimbangkan sesuatu, tetapi jalanilah apa yang ada di depan mata. Jangan terbuai oleh angan-angan kesempurnaan yang jauh dari realitas diri. Anda hanya berarti jika kekuatan khusus yang Anda miliki diterapkan di tempat Anda bekerja.

Setelah Anda memahami konsep "ACT" ini, maka beraksilah. Tak ada waktu lagi bagi Anda untuk terbuai dengan hal-hal yang tidak berguna. Bagi Anda yang mempunyai keinginan bekerja di tempat yang dicita­ citakan , maka teruslah pelajari hal-hal yang berkaitan dengan instansi tersebut, terutama persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk menjadi pegawai di sana.

Buku yang Anda pegang saat ini adalah salah satu pembuka jalan bagi Anda untuk diterima bekerja di instansi yang diinginkan. Buku Soal-Soal TKU Untuk CPNS ini membahas mengenai Tes Kemampuan Umum (TKU). TKU adalah bentuk soal yang biasanya diberikan kepada calon pegawai di perusahaan besar, BUMN, Bank, dan PNS. Dalam buku ini dipaparkan bentuk-bentuk soal yang biasanya keluar di proses penerimaan pegawai, terdiri atas:
  1. Bahasa Indonesia. Soal-soal meliputi penggabungan kalimat dalam paragraf, penggunaan huruf kapital, mengambil rumusan tema dari suatu topik, penulisan kata-kata baku serta penggunaan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Bahasa Inggris. Soal-soal meliputi pencarian antonim/sinonim dalam kalimat, mencari ide/topik dalam kalimat.
  3. Pancasila. Soal-soal meliputi rumusan Pancasila dan UUD 1945 (kapan, oleh siapa, hubungan Pancasila dan proklamasi terhadap pembukaan UUD), PPKI, dan BPUPKI.
  4. Tata Negara. Soal-soal meliputi konsep negara, fungsi-fungsi, peran, posisi, dan hubungan antar lembaga pemerintah, antar instansi pemerintah, dan lembaga-lembaga dunia.
  5. Kebijakan Pemerintah. Soal-soal meliputi kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai otonomi daerah dan pengetahuan umum menyangkut pemerintahan Republik Indonesia.

Menghadapi TKU, diperlukan persiapan yang matang dan terpadu. Tidak hanya masalah teknis saja yang harus diperhatikan, masalah yang bersifat nonteknis biasanya justru sangat berperan pada saat tes berlangsung. Masalah nonteknis tersebut di antaranya adalah motivasi, ketelitian, kecemasan, ketenangan, dan sebagainya.

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah pahami dan berlatihlah dengan jenis-jenis soal yang akan Anda hadapi nanti. Buku ini bisa Anda manfaatkan sebagai ajang latihan yang baik, karena telah disusun secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan pola dan bentuk soal yang biasanya muncul di soal-soal TKU pada tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan pengamatan, pola serta bentuk soal-soal TKU mempunyai ruang lingkup yang sama dari tahun ke tahun.

Persiapan Fisik dan Mental
Mengikuti tes, tidak hanya bermodalkan intelektual dan pemahaman terhadap materi yang tinggi, tetapi harus memerhatikan aspek fisik dan mental. Percuma saja seseorang punya daya intelektual bagus, tetapi mental dan fisik ketika menghadapi tes tidak dalam kondisi bagus, hal itu akan sangat memengaruhi proses menjalani tes itu sendiri.

Jika fisik Anda sakit, akan memengaruhi Anda ketika mengerjakan soal meskipun secara materi Anda sudah siap. Begitu juga dengan aspek mental. Jika mental Anda sudah turun ketika menghadapi tes, misalnya panik karena banyaknya saingan, tidak percaya diri dengan persiapan Anda, kemungkinan Anda tidak akan bisa menyelesaikan tes itu secara baik dan sempurna. Oleh karena itu, jaga dan perhatikan selalu kondisi fisik dan mental Anda, upayakan selalu berada ditingkat aman. Pada kesempatan ini akan diberikan berbagai trik dan tip untuk mempersiapkan kedua aspek tersebut.

01. Persiapan Fisik
Untuk persiapan fisik ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan persiapkan, yaitu sebagai berikut.
  • lstirahat yang cukup. Jika kurang tidur, kondisi fisik sudah pasti
    lemah dan Anda bisa mengantuk selama tes sehingga ,tidak bisa konsentrasi dalam menyelesaikan tes dengan baik.
  • Usahakan jangan minum obat sebelum tes, apalagi obat yang
    mempunyai efek mengantuk karena hal itu bisa berakibat fatal bagi Anda saat mengerjakan soal tes.
  • Pagi hari menjelang tes, usahakan agar tetap santai dan jangan membebani pikiran dengan tes yang akan dilalui nanti. Anggap saja tes ini adalah bagian dari hidup Anda. Jadi, mengapa harus dijadikan beban pikiran? Lebih baik tetap fokus pada ujian tersebut dan optimis akan kemampuan diri Anda.
  • Sebelum Anda berangkat ke tem pat tes. sebaiknya sarapan terlebih dahulu sebab hal ini akan sangat berpengaruh bagi kelancaran Anda pada saat menghadapi tes nanti. Apalagi jika harus menghadapi tes wawancara. Dalam kondisi lapar atau perut kosong, akan memengaruhi konsentrasi Anda dan pasti akan mengganggu kelancaran dalam menjawab soal-soal tes.

02. Persiapan Mental
Dalam suatu tes,mentalsangat penting.Artinya, persoalan mental adalah bagian yang tidak bisa diabaikan begitu saja. JikaAnda sudah mengatasi persoalan mental ini, itu berarti Anda sudah menapaki 50°/o kesuksesan dalam menghadapi tes tersebut. Akan tetapi, jika menta l Anda sudah jatuh dan rasa minder menguasai pikiran Anda, maka dapat dipastikan Anda akan gagal dalam tes tersebut. Jangankan bisa konsentrasi pada soal-soaltes, untuk menghadapi ujian !tu saja sudah tidak fokus.
Oleh karena itu, apa pun modal Anda, bagaimanapun persiapannya, Anda harus tetap percaya diri dan mempersiapkan mental yang positif dan bagus dalam menghadapi tes. Jika Anda sudah punya mental seperti ini, maka separuh kesuksesan akan Anda genggam. Akan tetapi,

jika Anda gagal dalam tes nanti, itu tidak akan membuat Anda menjadi putus asa dan kecewa berat. Anda akan menganggap bahwa hal ini adalah proses. Mungkin kegagalan pada tes kali ini adalah jalan menuju keberhasilan yang akan lebih besar nanti.
Jadi, pada saat akan menghadapi tes nanti, Anda harus menana mkan beberapa hal berikut ini.
  • Tenangkan diri Anda dengan mengambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Caba buat diri Anda senyaman mungkin saat berada dalam ruangan tes. Anda bisa melakukan smafi talk dengan seseorang yang ada di dekat Anda, cara ini bisa membuat Anda semakin nyaman dengan lingkungan sekitar yang baru Anda kenal tersebut.
  • Yakinlah akan kemampuan Anda yang selama ini latihan mengerjakan soal sehingga bisa percaya diri dalam menjawab soal­soal yang diberikan.
  • Fokuskan pikiran dan berdoa memohon pertolongan kepada Tuhan sehingga secara mental Anda akan selalu tenang dan siap menghadapi tes tersebut.
  • Kerjakanlah setiap soal semampu dan seoptimal mungkin. Jika tidak dapat menjawab semua soal karena waktu habis, tidak perlu berkecil hati ataupun kecewa. Tetaplah bersemangat supaya tidak mengganggu tugas-tugas yang lain.
  • Pada saat mengerjakan soal ujian, berusahalah untuk tetap tenang sampai waktu yang ditentukan selesai. Jika Anda tidak tenang, maka bisa dipastikan konsentrasi Anda akan buyar. Cobalah untuk tidak terpancing dalam situasi dan kondisi sekitar Anda. Misalnya, jika Anda menemukan teman tes berisik atau mungkin sudah selesai mengerjakan materi tes yang diberikan, jangan ter­pengaruh. Karena biasanya, hal itu sering dilakukan untuk meng­ganggu peserta tes yang lain. Jika Anda tidak terpengaruh, itu berarti Anda sudah kuat mental menghadapi ujian tersebut.

Tip dan Trik Menghadapi Soal CPNS

  1. Sediakan waktu untuk menjawab semua pertanyaan. Aturlah jam Anda sehingga tersisihkan waktu kurang lebih 5 menit untuk menjawab soal yang belum dikerjakan, atau untuk memeriksa kembali jawaban.
  2. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Menggunakan waktu dengan baik adalah rahasia dari peserta ujian yang baik.
  3. Agar bisa mengatur waktu dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, maka Anda harus melakukan hal ini: pertama-tama lihat dulu semua soal. Jawablah soal-soal yang kita yakin bisa menjawabnya dan abaikan dahulu soal-soal yang sulit. Kemudian, mulai lagi dari awal, dan jawablah bagian soal yang sulit tersebut. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk tes-tes selanjutnya karena mungkin sebelumnya belum mengetahuinya dan sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasinya.
  4. Yakinkan bahwa Anda telah menjawab di tempat yang tepat. Jika Anda pernah terlewatkan satu jawaban sehingga harus menghapus 20 atau bahkan semua jawaban lain di bawahnya karena harus memperbaikinya, maka santai saja, dan hapus semua jawaban yang salah dengan tenang.

Download Buku Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) merupakan idaman hampir kebanyakan orang. Hal ini dibuktikan dengan tingginya Jumlah peserta tes CPNS setiap tahunnya. Tes CPNS bukan untung-untungan, tetapi perlu dipersiapkan dengan baik.

Walaupun pada kenyataannya untuk lulus tes CPNS sangat sulit karena banyaknya persaingan, tapi ada strategi khusus agar Anda dapat lulus tes CPNS. Berikut ini link download Soal CPNS: Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS.



Link Download Ebook Soal CPNS : Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS ==>> Disini

Demikianlah artikel tentang, Ebook Soal CPNS : Latihan Soal-Soal TKU untuk CPNS. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!
Load disqus comments

0 komentar