Home » » Ebook Soal CPNS : Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen

Ebook Soal CPNS : Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen

Ebook Soal CPNS - Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Ebook Soal CPNS - Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen.


Pegawai negeri sipil (CPNS) adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Definisi peraturan baru PNS dan PPPK (P3K)

Seiring berjalannya waktu, Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 jo Undang Undang Nomor 43 Tahun 1999 diperbarui oleh pemerintah dengan menerbitkan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Sehingga TNI dan Kepolisian dianggap tidak lagi menjadi bagian dari pegawai negeri. Adapun pada UU ASN, definisi pegawai negeri dalam konteks pemerintahan Indonesia diganti dengan Aparatur Sipil Negara, sementara pegawai negeri sipil (PNS) menjadi salah satu jenis pekerjaan Aparatur Sipil Negara selain PPPK/P3K.

Strategi Lolos Tes CPNS

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) merupakan idaman hampir kebanyakan orang. Hal ini dibuktikan dengan tingginya Jumlah peserta tes CPNS setiap tahunnya. Tes CPNS bukan untung-untungan, tetapi perlu dipersiapkan dengan baik. Walaupun pada kenyataannya untuk lulus tes CPNS sangat sulit karena banyaknya persaingan, tapi ada strategi khusus agar Anda dapat lulus tes CPNS. Berikut merupaKan strategi-strategi lulus tes CPNS, antara lain:
  1. Ikutilah tes CPNS sebanyak mungkin. Sebab, dengan mengikuti lebih banyak tes CPNS, Anda lebih terlatih untuk menghadapi tes CPNS. Dengan begitu, peluang Anda untuk lulus pun semakin besar.
  2. Jangan mudah menyerah. Sebab, kalau hanya satu kali mengikuti tes, kita tidak akan tahu kalau untuk tes berikutnya kita berhasil. Banyak yang lulus ketika mencoba beberapa kali tes.
  3. Utamakan tes CPNS yang memberikan peluang diterima (kuota) lebih besar. Biasanya, peserta tes CPNS untuk menjadi pegawai di Pemkab/Pemkot/Pemprov umumnya lebih banyak dibandingkan dengan peserta tes CPNS di instansi lain atau di bawah departemen lain.
  4. Banyak berlatih soal-soal tes CPNS, misalnya melalui buku ini. Dengan banyak berlatih, Anda akan terbiasa menghadapi soal-soal tes CPNS dan jangan belajar dengan SKS (sistem kebut semalam).
  5. Lengkapilah semua informasl tentang instansi pemerintahan yang Anda lamar. Jangan sampai Anda tidak lulus lantaran terlambat mendaftar atau belum melengkapi persyaratan yang diminta.
  6. Lakukan survei lokasi sehari sebelum tes diadakan. Hal ini agar Anda tidak terlambat untuk sampai ke lokasi tes dan sebaiknya Anda datang satu jam lebih awal dari jadwal tes yang sudah ditentukan.
  7. Membawa semua perlengkapantes, seperti pulpen, pensi, penghapus, dan lainnya yang mendukung Anda untuk mengerjakan tes.
  8. Persiapan fisik dan mental Anda, antara lain istirahat yang cukup dan jangan lupa makan sebelum tes agar Anda fresh saat menjalani tes CPNS.
  9. Perhatikan petunjuk soal, seperti cara menjawab, waktu mengerjakan soal, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengatur waktu dalam menjawab soal. Bahkan jika Anda telah selesai tetapi waktu masih tersedia, periksa kembali jawaban Anda.
  10. Poin terakhlr dan yang terpenting adalah doa. Sebab, seberapa pun kuatnya Anda berusaha, apabila tanpa doa, sulit sekali Anda untuk mengeksekusi keinginan Anda menjadi PNS terkabul. Jadi, berdoalah dengan sungguh-sungguh agar Anda bisa diterima menjadi PNS. Amin.

Jenis-jenis Tes CPNS dan Strategi Menyelesaikannya

01. Psikotes
Suatu perusahaan mengharuskan para calon pegawainya untuk mengikuti psikotes yang bertujuan untuk mendapatkan pegawai yang sesuai dengan standar dan kriteria yang diinginkan. Cara yang mudah agar Anda bisa melewati psikotes adalah dengan rajin berlatih. Jika Anda terbiasa menghadapi soal-soal psikotes maka dengan sendirinya akan menemukan pola pola atau skema tes yang dijalani.

Berikut inijenis-jenis tes yang termasuk psikotes, antara lain:
  • Tes Kemampuan Verbal Tes kemampuan verbal, yaitu tes kemampuan dalam memahami bahasa, baik secara lisan maupun tulisan. Tes ini antara lain, tes sinonim, antonim, analogi.
  • Tes Kemampuan Numerik Tes kemampuan numerik, yaitu tes ketelitian, ketepatan, dan kecepatan dalam berhitung. Tes ini antara lain tes deret angka, matematika, tes berhitung angka cepat.
  • Tes Kemampuan Spasial Tes kemampuan spasial, yaitu tes kemampuan menggambarkan, melukiskan, dan membayangkan sebuah gambar atau objek. Tes yang diujikan, yaitu tes gambar.
  • Tes Kemampuan Reasoning Tes kemampuan reasoning, yaitu tes kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu masalah.
  • Tes Mengingat (Memori) Tes mengingat, yaitu kemampuan daya ingat dan kreativitas berpikir pada saat menyelesaikan suatu masalah.

02. Tes Kemampuan Umum (TKU)
Tes kemampuan umum (TKU) digunakan untuk mengukur potensi seseorang dalam melakukan pekerjaan tertentu sesuai standar minimal. Salah satu tes yang biasa diberikan kepada calon pegawai negeri sipil (CPNS) adalah TKU. TKU berisi soa-soal yang memuat pengetahuan umum, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, Kebijakan Pemerintah, Falsafah dan ideologi Negara, Tata Negara, Sejarah, dan Pengetahuan Umum.

Biasanya TKU disepelekan sehingga tidak jarang TKU inilah yang menjadi batu sandungan untuk lolos ke seleksi berikutnya. Untuk itu, dalam menjawab soal-soal TKU dibutuhkan pengetahuan yang luas, antara lain dengan banyak membaca dan giat berlatih soal-soal TKU.

Apabila wawasan pengetahuan umum Anda sedikit, coba kuasai pada bagian soal-soal tata negara. Sebab, soal-soal tata negara tidak berubah-ubah dan masih memiliki banyak referensi. Misalnya, soal tentang siapa yang mengetik naskah proklamasi kemerdekaan? Pastilah jawabannya dari dulu hingga kini selalu sama, yakni Sayuti Melik.

03. Tes Kemampuan Bidang (TKB) Lima Departemen
Biasanya tes hari pertama adalah TKU, kemudian hari kedua adalah Tes Kemampuan Bidang (TKB). Yang dibahas di buku ini adalah TKB Lima Departemen, yaitu:
  • Departemen Agama
  • Departemen Pendidikan Nasional
  • Departemen Kesehatan
  • Departemen Keuangan
  • Departemen Luar Negeri

Mengenai TKB, biasanya soal-soalnya sangat bervariasi, tergantung departemen dan posisi yang ingin Anda lamar. Apabila Anda melamar di Departemen Agama sudah tentu soal-soal akan seputar pengetahuan agama Islam. Begitu pun dengan posisi lainnya. Strategi untuk menyelesaikan TKB adalah pahami bidang yang Anda lamar, contoh jika Anda melamar di departemen Agama maka pahami mengenai pengetahuan agama Islam, seperti sejarah peradaban Islam, akidah akhlaq, Al'Quran, Al-Hadits, dan lain-lain.

04. Tes Wawancara CPNS
Setelah Anda lulus Psikotes, TKU, dan TKB, langkah selanjutnya adalah tes wawancara. Berikut ini beberapa strategi jitu agar Anda dapat lulus tes wawancara CPNS, antara lain:
  • Cari semua informasi mengenai departemen dan bidang yang Anda lamar, contoh Departemen Keuangan. Anda harus mengerti mengenai ekonomi mikro, makro, sumber pendapatan negara, pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dan lain-lain.
  • Setelah Anda mengumpulkan informasi tersebut (di samping pengetahuan dasar sesuai bidang Anda), siapkan fisik dan mental yang baik, serta siapkan pakaian yang rapi agar terlihat sopan.
  • Usahakan hadir 30 menit sebelum wawancara dimulai. Hal ini dimaksudkan untuk menenangkan diri Anda agar lebih rileks.
  • Pada saat masuk ke ruang wawancara, masuklah dengan sopan dan jabatlah tangan pewawancara dengan yakin sebagai tanda Anda siap untuk diwawancarai.
  • Kemudian, biasanya pewawancara mempersilakan Anda memperkenalkan diri. Cobalah dengan bahasa Indonesia terlebih dahulu, kecuali jika diminta menggunakan bahasa inggris. Jangan pernah untuk 'pamer' di depan pewawancara jika kemampuan bahasa inggris Anda pas-pasan.
  • Jawablah setiap pertanyaan pewawancara dengan jelas dan menyakinkan, dan tidak bertele­tele. Apabila anda ditanya dengan pertanyaan opsi setuju atau tidak setuju, jawab dengan benar dan berikan alasannya.
  • Diakhir wawancara biasanya pewawancara mengakhiri dengan bertanya "Apakah ada pertanyaan yang ingin Anda tanyakan terkait dengan perusahaan kami?". Jangan Anda menjawab "Tidak ada Pak?". Jangan terlihat Anda ingin segera mengakhiri wawancara karena tegang atau gugup. Oleh karena itu, sebelum wawancara siapkan dua atau tiga pertanyaan yang akan Anda tanyakan saat wawancara.

Kemudian, pertanyaan yang biasa ditanyakan pewawancara, yaitu:
  • Pengalaman kerja Anda sebelumnya.
  • Kelebihan dan kekurangan diri Anda.
  • Mengapa Anda mau menJadi PNS yang gajinya kecil.
  • Apa keinginan Anda setelah masuk ke sini.
  • Pertanyaan teknis, yaitu tergantung kemampuan atau jurusan yang Anda pilih. Misalkan, Anda
    sarjana Matematika maka akan ditanya tentang aljabar, integral, atau metode pengajaran.

Strategi Mengerjakan Soal Tes CPNS

Untuk mengerjakan soal tes CPNS juga memerlukan strategi agar dapat me-manage waktu sehingga dapat mengerjakan semua soal sesuai waktu yang diberikan. Berikut ini merupakan strategi mengerjakan soal tes CPNS, antara lain:
  1. Jawablah soal yang menurut Anda kemungkinan benarnya 80 hingga 100%. Bila dalam 1 soal ada 2 jawaban yang ragu-ragu (50:50 kemungkinan benarnya), beri tanda dengan pensil dan tinggalkan. Cara ini juga berlaku bila Anda meragukan sebuah jawaban. Untuk soal yang sama sekali tidak Anda ketahui secara pasti, sebaiknya tinggalkan. Langkah yang Anda harus lakukan adalah menjawab semua soal sesuai dengan metode diatas, baca soal dengan perlahan. Baca berurutan mulai dari soal pertama sampai selesai.
  2. Selanjutnya kembali ke soal yang ditandai dengan pensil. Disini Anda meragukan 2 jawaban atau sebuah soal yang bernilai 50:50 kemungkinan benarnya. Nah, Anda boleh menebak salah satu dari 2 jawaban ini. Sebab, mungkin benar mungkin salah. Anda harus cepat mengambil keputusan karena sisa waktu yang sangat pendek.
  3. Langkah terakhir adalah soal yang sama sekali tidak Anda ketahui. Soal ini adalah soal untung­ untungan. Ini terakhir kali dikerjakan bila sisa waktu tinggal 3-5 menit? Cara melakukannya dengan melihat komposisi jawaban yang telah Anda isi sebelumnya. Cobalah lihat mana yang paling banyak. Misalnya, yang paling banyak diisi adalah pilihan A, jadi isi atau hitamkanlah jawaban dari soal yang tidak Anda ketahui itu dengan pilihan A semua? Misalnya, ada sisa 20 soal yang Anda tidak ketahui maka 20 soal itu diisi A semua. Pastikan tidak ada jawaban yang kosong. Setelah itu, periksa kembali apakah nama dan nomor peserta telah benar. Hapuslah tanda-tanda yang Anda buat di lembar soal.

Download Buku Soal Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) merupakan idaman hampir kebanyakan orang. Hal ini dibuktikan dengan tingginya Jumlah peserta tes CPNS setiap tahunnya. Tes CPNS bukan untung-untungan, tetapi perlu dipersiapkan dengan baik. Walaupun pada kenyataannya untuk lulus tes CPNS sangat sulit karena banyaknya persaingan, tapi ada strategi khusus agar Anda dapat lulus tes CPNS. Berikut ini link download Soal Ujian CPNS: Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen.



Link Download Ebook Soal CPNS - Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen ==>> Disini

Demikianlah artikel tentang, Ebook Soal CPNS - Full Strategi Lolos Tes CPNS 5 Departemen. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top