Selasa, 28 Mei 2019

Pedoman Seminar Nasional Tahun 2019 - Meningkatkan Kompetensi Era Revolusi Industri 4.0

Pedoman Seminar Nasional Tahun 2019

Download Buku Pedoman Seminar Nasional Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Pada Era Revolusi Industri 4.0


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi dari Direktorat pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019 tentang Pedoman Seminar Nasional Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Pada Era Revolusi Industri 4.0.


Guru mengemban tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Agar guru dapat melaksanakan tugasnya secara optimal, maka guru wajib meningkatkan profesionalisme dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan dan mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter.

Pengembangan keprofesian guru dapat dilaksanakan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melatih kemampuan menulis karya ilmiah berupa kajian, refleksi pengalaman, analisis kritis dan penelitian. Karya ilmiah tersebut kemudian dipublikasikan kepada khalayak melalui Seminar Nasional Guru Pendidikan Dasar tahun 2019.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (DITJEN GTK) memfasilitasi kegiatan seminar dalam rangka mempublikasikan karya ilmiah guru. Untuk pelaksanaan seminar, telah disusun pedoman yang dapat digunakan sebagai acuan bagi panitia penyelenggara, pemrasaran, dan peserta.

Sesuai buku pedoman Seminar Nasional Meningkatkan Kompetensi Era revolusi 4.0 Pengembangan profesi guru dapat dilakukan melalui penulisan karya ilmiah, publikasi ilmiah, dan presentasi dalam forum ilmiah. Penulisan karya ilmiah bagi guru harus mengikuti tata cara yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagaimana tercantum dalam Buku V Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tahun 2016.

Dalam rangka memfasilitasi pengembangan profesi guru, Kemendikbud melalui Ditjen GTK menyelenggarakan seminar nasional tahun 2019 dengan tema “Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar pada Era Revolusi Industri 4.0”. Berkaitan dengan kegiatan seminar diperlukan pedoman penyelenggaraan seminar.

Peserta Seminar Nasional Tahun 2019 ialah:
  1. guru pendidikan dasar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang lolos seleksi artikel dan administrasi secara online;
  2. guru yang memiliki ijin mengikuti seminar dari kepala sekolah.

Tema Seminar Nasional Tahun 2019 adalah “Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar pada Era Revolusi Industri 4.0” dengan subtema sebagai berikut.
  1. Pengembangan Karier Guru
  2. Pengembangan Kompetensi Guru
  3. Penguatan Pendidikan Karakter
  4. Peningkatan Mutu Pembelajaran
  5. Pengembangan Literasi Dasar
  6. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal
  7. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
  8. Asesmen Berbasis Teknologi Informasi
  9. Gagasan Inovatif Perlindungan Guru
  10. Pembelajaran yang Menstimulasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS)
  11. Pendekatan Science-Technology-Engineering-Art-Math (STEAM)



Download Buku Pedoman Seminar Nasional Tahun 2019

Demikianlah artikel tentang, Buku Pedoman Seminar Nasional Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Pada Era Revolusi Industri 4.0. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!
Load disqus comments

0 komentar