Home » , » Pedoman Lomba INOBEL Guru Dikmen Dan Diksus Tingkat Nasional Tahun 2019

Pedoman Lomba INOBEL Guru Dikmen Dan Diksus Tingkat Nasional Tahun 2019

Pedoman Lomba Inobel Guru Dikmen Dan Diksus

Download Buku Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikemn dan Diksus) Tingkat Nasional Tahun 2019


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Buku Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikemn dan Diksus) Tingkat Nasional Tahun 2019.


Menghadapi era revolusi industri 4.0, guna mewujudkan visi indonesia menjadi top 10 ekonomi dunia pada tahun 2030 pemerintah Indonesia menyiapkan peta jalan Making Indonesia 4.0. Salah satu program prioritas adalah peningkatan SDM.

Sumber daya manusia merupakan hal yang penting untuk mencapai kesuksesan pelaksanaan Making Indonesia 4.0. Indonesia berencana untuk merombak kurikulum pendidikan dengan lebih menekankan pada STEAM (Science, Technology, Engineering, the Arts, dan Mathematics), dengan menyelaraskan kurikulum pendidikan nasional dengan kebutuhan di masa mendatang.

Peningkatan SDM tidak terlepas dari peran guru dalam pembelajarannya. Di era revolusi industri 4.0 guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang semakin kreatif dan inovatif, serta berhasil mengembangkan berbagai model pembelajaran yang mengarah pada kompetensi critical thinking, creativity, collaboration, and communication.

Peningkatan kreativitas dan inovasi guru dalam pembelajaran maka diperlukan berbagai upaya. Salah satu upaya peningkatan yang dilakukan adalah diselenggarakannya Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) bagi Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2019.

Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) dipandang menjadi sangat penting dan diperlukan karena hal ini akan memacu guru-guru untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi. Lomba Inovasi Pembelajaran diyakini dapat menggerakkan, menyemangati, dan mendorong guru untuk meningkatkan prestasi dan pada gilirannya berdampak pada kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Tujuan Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2019 ini disusun sebagai acuan bagi panitia penyelenggara dan peserta lomba. Terselenggaranya Lomba Inovasi Pembelajaran dengan lancar tertib dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Inovasi Pembelajaran (INOBEL) adalah suatu gagasan, praktik, strategi, metode, teknik, bahan, model pembelajaran, teknologi tepat guna, karya seni, dan perangkat pembelajaran yang baru dan/atau memiliki kebaruan, serta mampu memecahkan persoalan pembelajaran.

Sedangkan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran adalah kegiatan lomba yang diikuti oleh guru SMA, SMK, dan Sekolah Pendidikan Khusus untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif. Karya inovatif tersebut diharapkan mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsi guru untuk meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik.

Persyaratan Peserta Lomba INOBEL Guru Dikmen dan Diksus

  1. guru SMA/SMK/Sekolah Pendidikan Khusus;
  2. memiliki NUPTK;
  3. Tercatat di DAPODIK Kemdikbud;
  4. melampirkan surat rekomendasi mengikuti lomba dari Kepala Sekolah;
  5. belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 tingkat nasional pada lomba untuk guru yang diselenggarakan oleh Kesharlindung Dikmen dan Diksus dua tahun terakhir (2017 – 2018);
  6. tidak sedang bertugas sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja di luar satuan pendidikan.

Tata Cara Pendaftaran

  1. pendaftaran secara online pada laman https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id;
  2. waktu pendaftaran mulai tanggal 13 Mei s.d. 20 Juni 2019;
  3. setiap peserta hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif;
  4. mengirimkan proposal dan persyaratan lainnya secara online melalui laman https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id/;

Persyaratan Proposal

  1. bukan merupakan hasil penelitian skripsi, tesis, atau disertasi;
  2. metode penelitian dapat menggunakan penelitian tindakan, eksperimen, dan Penelitian dan Pengembangan/Research and Development (R&D);
  3. memenuhi sistematika penulisan dan kelengkapan pendukung sesuai persyaratan yang telah ditentukan dalam pedoman;
  4. format PDF;
  5. karya inovasi harus asli (karya peserta bukan plagiat);
  6. Hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif;
  7. Belum pernah diikutkan dalam berbagai lomba;
  8. jumlah halaman proposal 10-15 halaman tidak termasuk lampiran.

Silahkan Download Buku Pedoman Lomba Karya INOBEL Berikut ini



Download SE Lomba Karya INOBEL Guru Dikemn dan Diksus
Download Buku Pedoman Lomba Karya INOBEL Guru Dikemn dan Diksus

Demikianlah artikel tentang, Buku Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikemn dan Diksus) Tingkat Nasional Tahun 2019. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top