Sabtu, 25 Mei 2019

Buku Panduan Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019

Disini

Download Buku Panduan Umum Lomba Budaya Mutu Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Tahun 2019


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Buku Panduan Umum Lomba Budaya Mutu Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Tahun 20199.


Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya pembinaan mutu Sekolah Dasar untuk menghasilkan sekolah bermutu tinggi.

Lomba difokuskan pada penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan, yang mencakup:
  1. Manajemen Berbasis Sekolah
  2. Pembelajaran
  3. Ekstrakurikuler
  4. Perpustakaan, dan
  5. UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Budaya mutu sekolah merupakan faktor penting dalam membentuk siswa menjadi manusia yang memiliki sikap optimis, berani, terampil, ulet, disiplin, berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.

Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel seperti manajemen sekolah, proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kinerja perpustakaan, dan usaha kesehatan sekolah, yang bermuara pada capaian prestasi sekolah.

Kegiatan Lomba Budaya Mutu (LBM) Sekolah Dasar ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan motivasi para pelaku pendidikan dalam membangun mutu sekolah. Agar pelaksanaan LBM dapat mencapai hasil yang lebih optimal, maka perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan pemangku pendidikan.

Persyaratan umum Lomba Budaya Mutu SD 2019

  1. Mengikuti proses seleksi dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  2. Sekolah yang diusulkan harus mendaftar secara daring (online)
  3. Mengirim dokumen portofolio tentang budaya mutu di sekolahnya
  4. Setiap Kabupaten/Kota mengirimkan 3 sekolah dengan rincian kategori (1 SDR, 1 SDN, dan 1 SDS), dan khusus bagi Kabupaten yang memiliki wilayah 3T ditambah 1 SDN wilayah 3T

Tanggal penting Lomba Budaya Mutu SD 2019

  1. Seleksi awal, sekolah mengisi format isian secara daring (online) bit.ly/registrasi_daring_lbm_2019 Batas 31 Mei 2019 (1.664 SD sasaran)
  2. Pengiriman dokumen portofolio Batas 31 Juli 2019 (stempel pos)
  3. Penilaian Tahap 1 – Penilaian Dokumen Portofolio Lomba Budaya Mutu (7 Agustus 2019)
  4. Penilaian Tahap 2 – Visitasi Lapangan Minggu ketiga Agustus 2019 (150 SD)
  5. Penilaian Tahap 3 – Grand Final Presentasi & Wawancara Oktober 2019 di Tangerang (120 SD)

Tujuan umum Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar (SD) ini adalah untuk mewujudkan Sekolah Dasar yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima dan menjadi benchmark (patok duga) bagi sekolah lain di sekitarnya serta jadi acuan bagi pembinaan para pemangku kepentingan.

sedangkan Tujuan khusus Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar (SD) ini adalah
  1. Mendapatkan Sekolah Dasar yang berbudaya mutu dengan keunggulannya masing-masing sebagai model yang baik (good practices) bagi sekolah lain;
  2. Menghimpun berbagai pengalaman inspiratif dari sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dan lingkungan yang bermutu;
  3. Mendokumentasikan dan menyosialisasikan pengalaman inspiratif pengembangan budaya mutu Manajemen Berbasis Sekolah, Pembelajaran, kegiatan Ekstrakurikuler, Perpustakaan Sekolah, dan Usaha Kesehatan Sekolah kepada Sekolah Dasar di seluruh Indonesia.
  4. Memotivasi para pemangku kepentingan, baik di satuan pendidikan sekolah dasar maupun Pemerintah Daerah, untuk mewujudkan sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima kepada peserta didik.

Sasaran kegiatan Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar (SD) sebanyak 1.664 Sekolah Dasar yang diusulkan oleh masing-masing kabupaten/kota dengan kategori dan sasaran seperti pada Tabel berikut ini.
No Kategori Jumlah Keterangan
1 SDN Rujukan 514 SD Rujukan seluruh Indonesia
2 SD Negeri 514 Surat usulan (atau SK) Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota sebagai peserta LBM
3 SD Swasta (diutamakan bagi SD Swasta Rujukan) 514 Surat usulan (atau SK) Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota sebagai peserta LBM
4 SD Wilayah 3T (Negeri) 122 Surat usulan (atau SK) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai peserta LBM
Jumlah Sasaran 1.664 Hasil Seleksi secara Berjenjang
Catatan : Bagi Kabupaten/Kota yang tidak memiliki SDS Rujukan dapat mengikutsertakan Sekolah Swasta terbaik lainnya.

Hasil Lomba Budaya Mutu SD 2019

1 Hasil Jangka Pendek
  • Terpilihnya Sekolah Dasar yang memiliki budaya mutu dengan segala keunggulannya masing-masing,
  • Terdokumentasikan dan tersosialisasikan budaya mutu ke Sekolah Dasar di seluruh Indonesia.
2 Hasil Jangka Panjang
  • Memotivasi para pemangku kepentingan, baik di satuan pendidikan Sekolah Dasar maupun Pemerintah Daerah, dalam pembinaan budaya mutu Sekolah Dasar dan layanan prima kepada peserta didik,
  • Mengembangkan Sekolah Dasar yang memiliki budaya mutu dan dapat dijadikan model dalam pembinaan layanan prima Sekolah Dasar baik di setiap provinsi maupun kabupaten/kota.

Kriteria Peserta Lomba Budaya Mutu SD 2019

  1. Sekolah Dasar yang telah ditetapkan sebagai Sekolah Dasar Rujukan di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
  2. Sekolah Dasar Negeri yang diusulkan/ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai peserta Lomba Budaya Mutu.
  3. Sekolah Dasar Swasta baik rujukan maupun non rujukan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai peserta Lomba Budaya Mutu.
  4. Sekolah Dasar Wilayah 3T yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai peserta Lomba Budaya Mutu.
  5. Memiliki potensi budaya mutu manajemen berbasis sekolah, pembelajaran, ekstrakurikuler, perpustakaan, dan UKS.
  6. Sekolah ramah anak yang tidak terlibat kegiatan kekerasan (tawuran pelajar), narkoba, perundungan atau sejenisnya.
  7. Sekolah mampu menyusun portofolio tentang budaya mutu yang dikembangkan.
  8. Sekolah belum pernah menjadi juara LBM baik Juara Menyeluruh (whole school), Juara I, II, dan III untuk semua komponen (MBS, Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Perpustakaan Sekolah, dan UKS).
  9. Mengisi seleksi administrasi secara daring (online) di (bit.ly/registrasi_daring_lbm_2019).
  10. Sekolah yang setiap kelasnya memiliki jumlah siswa maksimal 28 anak dan minimal 20 anak terutama untuk kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3) dan tidak double shift, khusus sekolah di wilayah 3T ketentuan ini tidak berlaku.
  11. Sekolah Dasar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi online (daring) akan diminta untuk mengirim Portofolio ke panitia.

Silahkan Download Buku Panduan Umum LBM SD Berikut ini



Download Buku Panduan Umum LBM SD Tahun 2019

Demikianlah artikel tentang, Buku Panduan Umum Lomba Budaya Mutu Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Tahun 2019. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!
Load disqus comments

0 komentar