Jadwal Imsak DKI Jakarta: Puasa Ramadhan 1440 H/2019 M

Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu

Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu : Bulan Puasa Ramadhan 1440 H/2019 M, Buka Puasa, Sahur Imsak dan Waktu Shalat


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu : Bulan Puasa Ramadhan 1440 H/2019 M, Buka Puasa, Sahur Imsak dan Waktu Shalat.


Puasa Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari dalam puasa.

Menurut ajaran Islam dalam puasadi bulan Ramadhan dapat kita menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat selama ini. Namun harus dengan kekuatan iman dan mengharapkan pahala dari ridha Allah SWT.

Puasa pada bulan Ramadhan merupakan pelaksanaan dari rukun Islam yang keempat dalam ajaran Islam.[2] Menurut ajaran Islam puasa pada bulan Ramadhan merupakan puasa yang wajib dilaksanakan selama 1 bulan penuh rahmat. Sehingga jika dengan sengaja tidak melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan maka seseorang tersebut akan berdosa sesuai dengan Firman Allah dalam Qur'an Surah Al-Baqarah :183 yang berbunyi

Yaa ayuhal ladzina ammanu kutiba alaikummussyiamu kamma kutiba allaladzina min qoblikum la'alakum tataqun

artinya : Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa di bulan ramadhan sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelium kamu, agar kamu sebagai orang yang bertaqwa.

Puasa Ramadan merupakan rutinitas yang ibadah yang tidak bisa ditinggalkan dalam setiap tahunnya karena hukumnya yang wajib.

Puasa Ramadan ialah puasa yang dilaksanakan dari mulai fajar hingga terbenam matahari. Di bulan Ramadan inilah seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa jika tidak mampu maka diharuskan untuk mengganti puasa tersebut pada hari-hari yang lain.

Dasar Wajibnya puasa Ramadan dikemukakan dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah. Allah berfirman, "Bulan Ramadan yang didalamnya diturunkannya (permulaan) Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-pejelasan mengenai petunjuk-petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil. karena itu barang siapa diantara kamu berada pada bulan itu, maka berpuasalah

Ibadah puasa memiliki banyak keutamaan, salah satu diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Kadar besarnya pahala hanya Allah saja yang tahu. Jika amal lain mendapatkan kelipatan pahala 10 kali lipat hingga 700 kali lipat, maka puasa bisa lebih dari itu.
  2. Amal kebaikan lain bisa menjadi kaffaroh (penebus kesalahan) terhadap orang lain, kecuali puasa.
  3. Puasa sebagai tameng. Tameng dari perbuatan kotor, sia-sia, kebodohan, berteriak yang tidak perlu serta tameng dari api neraka.
  4. Tidak ada yang menyamai puasa.
    • Dari Abu Umamah beliau berkata: Aku berkata: Wahai Rasulullah, perintahkan kepadaku (untuk mengerjakan) suatu amalan. Rasul bersabda: Hendaknya engkau berpuasa, karena (amalan itu) tidak ada tandingannya. Aku (Abu Umamah) berkata (lagi): Wahai Rasulullah, perintahkan kepadaku (untuk mengerjakan) suatu amalan. Rasul bersabda: Hendaknya engkau berpuasa, karena (amalan itu) tidak ada bandingannya (H.R anNasaai, dishahihkan oleh Ibnu Hibban dan al- Albany).
    • Dalam riwayat Ibnu Hibban, Abu Umamah bertanya : Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku suatu amalan yang dengan itu aku bisa masuk surga. Rasul menjawab: Hendaknya engkau berpuasa, karena (amalan itu) tidak ada yang menandinginya
  5. Bau mulut orang yang berpuasa, lebih harum di sisi Allah dibandingkan keharuman misk (yang sangat wangi).
  6. Orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika menghadap Allah.
  7. Orang yang berpuasa akan masuk surga dengan dipanggil dari pintu ar-Royyan. Barangsiapa yang memasukinya, tidak akan kehausan selamanya
    • Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pintu yang disebut arRoyyaan. Orang- orang yang berpuasa akan dipanggil melalui pintu tersebut. Barangsiapa yang memasukinya, tidak akan kehausan selamanya (H.R atTirmidzi, anNasaai, Ibnu Majah, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dan al-Albany)
  8. Puasa bisa menghilangkan fitnah seseorang pada harta, diri, keluarga, dan tetangganya.
  9. Barangsiapa yang berpuasa sehari dalam keadaan berjihad di jalan Allah, Allah akan jauhkan wajahnya dari neraka 70 tahun.
  10. Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dan diikuti 3 hari tiap bulan, maka akan hilang perasaan dengki, dendam, pemarah dalam dada
  11. Puasa menghapus dosa
  12. Amalan puasa akan memberi syafaat bagi pelakunya pada hari kiamat.
    • Puasa dan (amalan membaca) al-Quran akan memberi syafaat bagi seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: Wahai Tuhanku, akulah yang mencegahnya dari makan dan syahwat di waktu siang. Maka jadikanlah aku bisa memberi syafaat untuknya. (Amalan baca alQuran) berkata: Akulah yang mencegahnya untuk tidur di waktu malam, maka jadikan aku memberi syafaat untuknya. Maka keduanyapun memberi syafaat untuknya (H.R Ahmad, dishahihkan al-Hakim dan al-Albany)
  13. Barangsiapa yang meninggal dalam keadaan berpuasa, maka ia masuk surga
  14. Sholawat dari Allah dan Malaikat serta keberkahan bagi orang yang sahur
  15. Puasa adalah salah satu dari 4 perbuatan yang jika dikerjakan dalam sehari bisa menyebabkan seorang masuk surga.


Silahkan Download Soal Siap UN Jenjang SMP/MTs Mata Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2018/2019 Berikut ini



Download Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu : Bulan Puasa Ramadhan 1440 H/2019 M, Buka Puasa, Sahur Imsak dan Waktu Shalat

Bagi warga DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu, tentu saja Ramadhan tahun 2019 ini akan disambut dengan ceria bagi siapa saja yang merayakannya. Untuk menambah kekhusyukan ibadah, Jadwal Imsakiyah Ramadhan DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu Tahun 1440 H/2019 M: Buka Puasa, Sahur, Imsak, dan Jadwal Sholat tentu saja harus menjadi panduan selama Bulan Suci ini berlangsung.

Sumber Jadwal Imsakiyah Ramadhan DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu Tahun 1440 H/2019 M: Buka Puasa, Sahur, Imsak, dan Jadwal Sholat ini resmi dari Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimas Islam.

Demikianlah artikel tentang, Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu : Bulan Puasa Ramadhan 1440 H/2019 M, Buka Puasa, Sahur Imsak dan Waktu Shalat. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar