Jadwal Pendaftaran PKN STAN Tahun 2019-2020

Penerimaan Mahasiswa PKN STAN 2019

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Jadwal, Persyaratan dan Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) Tahun Anggaran 2019/2020.


Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. PKN STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Politeknik Keuangan Negara STAN membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik bangsa di seluruh Indonesia untuk menjadi Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun Akademik 2019/2020.

A. Persyaratan SPMB PKN STAN Tahun 2019/2020
  1. Lulusan (tahun 2018 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2019) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
    • Untuk lulusan tahun 2018 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    • Untuk calon lulusan tahun 2019, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1999 tidak diperkenankan untuk mendaftar. usia minimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah:
    • mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    • mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
    • mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.

Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut :
  1. Untuk program studi Diploma I
    • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
    • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm
  2. Untuk Program studi Diploma III:
    • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
    • Tidak Cacat Badan;
    • Tidak Buta Warna; dan
    • Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  3. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    • dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya; dan
    • telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
  4. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasaran PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  5. Pendaftar tidak pernah terdaftar menjadi mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.



Dokumen Yang Perlu Dipersiapkan Saat Pendaftaran SPMB PKN STAN Tahun Akademik 2019/2020 sebagai berikut :
  • Ijazah atau Rapor Semester I-V
  • KTP/SIM/Kartu Keluarga/Surat Keterangan/Paspor
  • Foto
  • Dokumen Tambahan Untuk Jalur Pendaftaran Afirmasi

Baca Juga : Syarat dan Cara Daftar PKN STAN 2018/2019

Tata Cara Pendaftaran SPMB PKN STAN TAHUN 2019/2020
  1. Registrasi Awal Melalui Portal SSCN
  2. Login Pada Web Registrasi PKN STAN
    • Login pada web ini dengan menggunakan NIK dan Password yang telah di registrasikan pada Portal SSCN
  3. Isi Data Pendaftaran
    • Mengisi data diri peserta, data pendidikan, data personal, data ujian dan pilihan spesialisasi
  4. Unggah/Upload Dokumen Pendaftaran
    • Unggah/upload dokumen-dokumen pendaftaran : Reguler (Pasfoto,Ijazah/Raport dan Identitas diri) dan Afirmasi (Pas foto,Identitas,Rekomendasi dari kepala sekolah SMU/SLTA atau sederajat, (ijazah SD dan SMP) dan Ijazah/raport SMA atau Akta Kelahiran,KTP ayah atau ibu kandung,Surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepala desa
  5. Kunci data Pendaftaran
    • Setelah mengunci data, data pendaftaran dan dokumen-dokumen pendaftaran tidak dapat diubah
  6. Pembayaran dan Cetak BPU
    • Cetak BPU (Bukti Peserta Ujian) dapat dilakukan setelah pembayaran dianggap sah oleh bank

Demikianlah artikel tentang, Jadwal, Persyaratan dan Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) Tahun Anggaran 2019/2020. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar