Komentar Anda

Download E-Rapor SMK Versi 4.1.0 Tahun 2018

Panduan E-Rapor SMK

Download Panduan E-Rapor Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Versi 4.1.0 (Dirilis Bulan November 2018) Tahun 2018


Peningkatan kualitas layanan pendidikan merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan pendidikan nasional, sebagaimana telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019.


Di samping tersedianya kurikulum yang handal, salah satu aspek terpenting dalam upaya menjamin kualitas layanan pendidikan ada lah menyediakan sistem penilaian yang komprehensif sesuai dengan standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan.

Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Dikdasmen dan Balitbang telah menyusun Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian oleh Pendidik, Satuan Pendidikan,dan Pemer intah.

Dalam rangka pengendalian mutu penilaian, Direktorat Pembinaan SMK mengembangkan aplikasi berbasis web "e-Rapor SMK" yang berlaku untuk Kurikulum KTSP 2006 dan KTSP 2013 .

Aplikasi e-Rapor yang dikembangkan saat ini adalah perangkat lunak berbasis \Yeb untuk mempermudah pendidik dan satuan pendidikan mengimplementasikan Permendikbud tersebut.

Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan, mengolah, menganalisis,dan melaporkan kegiatan penilaiannya dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Diharapkan dengan buku panduan ini, para guru dapat melaksanakan tugasnya dalam melakukan penilaian secara lebih profesionalsehingga pada gilirannya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada semua pihak atas peran sertanya dalam pengembangan aplikasi dan panduan ini, khususnya kepada Tim Pengembang dan Tim Pendukung yang telah bekerja keras sehingga panduan ini dapat diselesaikan.

Namun demikian,beberapa kekurangan tentu masih terdapat di dalam panduan ini sehingga masukan dan saran dari pihak pengguna sangat diharapkan untuk terus menyempurnakan panduan ini di masa yang akan datang.

Tujuan
Sebagaimana telah menjad i Standar Nasional Pendidikan ndonesia Proses Penilaian merupakan bagian dari standar yang juga dijadikan barometer pendidikan secara nasional dalam aplikasi ini pada dasarnya memiliki tujuan sebagai berikut:
  1. Menjadikan sebagai bagian dari hasii representasi evaluasi terhadap proses pendidikan yang diterapkan melalui proses perencanaan, penilaian dan pelaporan hasil evaluasi belajar peserta didik pada satuan pendidikan oleh guru mata pelajaran sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan
    dalam pedoman penilaian dan standar penilaian;
  2. Mengakomodir kepentingan satuan pendidikan serta stakeholder dalam Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belaja r peserta didik mencakup: penilaian kinerja, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, penilaian harian, penilaian tengah semester,penilaian akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mut u tingkat kompetensi, ujian nasional, ujian sekolah berstandar nasional,dan ujian sekolah/madrasah;
  3. Menerapkan penilaian otentik oleh guru berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar setiap mata pelajaran dan tahapan penilaian pembelajaran di rombongan belajar pada satuan pendidikan;
  4. Memfasilitasi dalam kompilasi nila,j yang d1ija dikan sebagainilai akhir rapor yang merupakan bagian tugas wali kelas untuk memberikan laporan hasil belajar peserta didik kepada stakeholder dan orang tua/wali peserta didik pada setiap semester mencakup sikap, kehadiran, prestasi, niilai angka, predikat, deskripsi dan capaian hasil belajar lainnya dala1m kuru1n waktu satu semester;
  5. Memindahkan proses penilaian secara online berbasis internet dan intrainet dengan dukungan aplikasi berbasis web sehingga bisa dilakukan proses penilaian dan pelaporan secara terintegrasi.


Pada aplikasi Rapor SMK versi4.1.0 terdapat 6 tingkatan pengguna yaitu: Administrator/Tata Usaha, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wali Kelas, Guru, dan peserta didik/Orang tua peserta didik.

Untuk guru dapat memiliki status sebagai wali kelas, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

1. Administrator/Tata Usaha
Administrator/Tata Usaha adalah entitas yang bertugas dan bertanggung jawab atas semua ketersediaan, validitas dan reabilitas sistem mencakup semua fungsi kerja sistem baik perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna lainnya. Selain dari itu menyiapkan dan sumber data termasuk referensi basis data master seperti guru,peserta didik, mata pelajaran, rombongan belajar, profil sekolah, kop surat, kompetensi keahlian, pembelajaran, ekstrakurikuler, teknik penilaian dan sikap untuk kebutuhan transaksi penilaian dan pelaporan dalam aplikasi.

2. Guru Mata Pelajaran
Guru mata pelajaran memiliki peranan sebagai perencana penilaian dalam aplikasi yang menentukan aktivitas penilaian seperti Penilaian Harian, PTS, PAS dan lainnya baik aspek pengetahuan maupun keterampilan dengan teknik penilaian dan Kompetensi Dasar yang disediakan langsung atau ditambahkan sesuai kebutuhan. Perencanaan tersebut dilakukan penilaian sebagai mana mestinya berdasarkan perencanaan yang telah dibuat.

3. Wali Kelas
Wali Kelas menginput absensi, ekstrakurikuler sikap, prestasi,PPK dan pencetakan rapor

4. Wakasek Bidang Kurikulum
Wakasek Bidang Kurikulum melakukan monitoring dan memvalidasi seluruh aktivitas penilaian agar sesuai dengan kaidah-kaidah penilaian.

5. Peserta Didik
Peserta didik melihat perkembangan hasil penilaian dari Satuan Pendidikan sebagai hasil proses pembelajaran yang dilakukan dalam kurun satu semester aktif.

Untuk lebih jelasnya silahkan download Panduan E-Rapor SMK Versi 4.1.0 Tahun 2018 berikut ini :



Download Panduan E-Rapor SMK Tahun 2018

Download Master Aplikasi e-Rapor SMK versi 4.1.0
Alternatif 1 | Alternatif 2 | Alternatif 3 | Alternatif 4 | Alternatif 5 | Alternatif 6 | Alternatif 7 | Alternatif 8 | Alternatif 9 | Alternatif 10 | Alternatif 11 | Alternatif 12 | Alternatif 13

Untuk pertanyaan yang bersifat teknis dapat melalui aplikasi WhatsApp di nomor berikut

1. Helpdesk 1 (08156441864)
2. Helpdesk 2 (081229997730)
3. Helpdesk 3 (082113057512)
4. Helpdesk 4 (082174508706)
5. Helpdesk 5 (082134924288)
6. Helpdesk 6 (08174144627)

Demikian artikel tentang

Download E-Rapor Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Versi 4.1.0

Selamat Mencoba, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar