Kamis, 30 Mei 2019

Download Juknis Bantuan Ruang Kelas Baru PAUD Tahun 2019

Juknis Ruang Kelas Baru PAUD

Download Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Ruang Kelas Baru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Ruang Kelas Baru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019.


Berdasarkan Peraturan Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Nomor 38 Tahun 2019 bahwa untuk melaksanakan ketentuan pasal 13 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2018 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perlu menetapkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Petunjuk Teknis Bantuan Ruang Kelas Baru Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2019;

Petunjuk Teknis Bantuan Ruang Kelas Baru Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2019 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari PeraturanDirektur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ini.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) pada poin ke-empat, yakni memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif melalui penyiapan manusia berkualitas sejak dini.

Sesuai Peraturan Dirjen PAUD Nomor 38 Tahun 2019 bahwa Bantuan Ruang Kelas Baru adalah bantuan untuk penambahan ruang pembelajaran beserta mebel dan sarana pembelajaran/alat permainan edukatif (APE) untuk meningkatkan jumlah anak yang dapat dilayani oleh satuan pendidikan penyelenggara program PAUD yang sudah berjalan.

Sesuai Peraturan Dirjen PAUD Nomor 38 Tahun 2019 bahwa Tujuan Penggunaan Bantuan Ruang Kelas Baru adalah sebagai berikut :
  1. Mendukung pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana khususnya ruang pembelajaran satuan pendidikan penyelenggara program PAUD berkualitas beserta mebel dan sarana pembelajaran/alat permainan edukatif (APE);
  2. Menambah daya tampung/jumlah anak yang mendapatkan layanan PAUD.
  3. Meningkatkan layanan PAUD berkualitas.

Penerima Bantuan Ruang Kelas Baru PAUD tahun 2019, memenuhi persyaratan administrasi dan teknis sebagai berikut.
A. Persyaratan Administrasi
  1. Memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan (NPSN).
  2. Memiliki Izin Operasional/Penyelenggaraan program PAUD minimal 3 tahun sebelum tanggal pengajuan usulan bantuan.
  3. Diprioritaskan sudah terakreditasi.
  4. Memiliki peserta didik paling sedikit 30 anak.
  5. Memiliki paling sedikit satu orang pendidik PAUD lulusan S1/D-IV.
  6. Peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana tercatat dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) PAUD.
  7. Memiliki rekomendasi dari dinas pendidikan/UPT PAUD dan Dikmas setempat/Pejabat yang berwenang.
  8. Mengajukan usulan bantuan dan lampirannya kepada Direktur Pembinaan PAUD, Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud.

B. Persyaratan Teknis
1. Lokasi Pembangunan Ruang Kelas Baru
  • Lokasi pembangunan ruang kelas baru berada di pemukiman yang padat populasi anak usia dini atau memiliki prospek akan menjadi pusat pemukiman penduduk.
  • Tanah datar, lokasi tanah tidak memiliki beda tinggi/kemiringan yang curam yang siap bangun.
  • Tanah kondisi kosong dengan luas minimal 100 m2 di luar area bermain outdoor.
  • Berada dalam satu lokasi dengan bangunan ruang pembelajaran yang sudah ada.
  • Dalam hal ruang pembelajaran PAUD yang sudah ada berada dalam 1 (satu) bangunan rumah tinggal atau tempat peribadatan, ataupun bangunan yang dalam perizinannya bukan untuk bangunan pendidikan, maka ruang kelas baru dapat dibangun dalam lokasi yang berbeda dengan lokasi bangunan yang sudah ada. Dengan kesanggupan penerima bantuan untuk memindahkan penyelenggaraan PAUD dari Gedung sebelumnya ke ruang kelas yang baru.
  • Lokasi tidak boleh berdekatan dengan: a) peternakan/kandang ternak; b) tempat pembuangan sampah; c) Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET); d) jurang/sungai besar; rel kereta api; dan/atau pemakaman umum.


2. Dokumen Teknis Pembangunan Ruang kelas Baru
  • Dokumentasi bangunan ruang pembelajaran yang sudah ada dan sekitar lokasi calon bangunan Ruang Kelas Baru;
  • Rencana Anggaran Biaya Ruang Kelas Baru beserta APE dan mebel.
  • Jadwal Pelaksanaan;
  • Denah lokasi yang dilengkapi dengan arah mata angin, batas-batas dan ukuran tanah;
  • Dokumen kepemilikan hak atas lahan yang diperuntukkan bagi penyelenggaraan satuan pendidikan.



Download Juknis Bantuan Ruang Kelas Baru PAUD tahun 2019
Download Juknis Bantuan Ruang Kelas Baru PAUD tahun 2018

Demikianlah artikel tentang, Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Ruang Kelas Baru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!
Load disqus comments

0 komentar