Home » , , » Download Buku PAI Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Gratis

Download Buku PAI Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Gratis

Ilmuguru.org - Buku ini merupakan buku siswa dan guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Buku PAI Kelas 6 K-13 Revisi 2018

Download Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018


Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan Kurikulum sebelumnya dengan pendekatan pembelajaran aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran yang antara lain adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 2, ayat 1).

Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD). KD adalah kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti (Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 tentang KI dan KD pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 3, ayat 2). Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan Buku Guru ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini, terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan orang tua peserta didik.

Untuk mewujudkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang efektif dan budaya Islami di sekolah, perlu adanya sinergi antara guru PAI dan BP dengan guru lainnya, serta perlu adanya dukungan dari kepala sekolah. Penciptaan budaya Islami dapat dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti baik di dalam kelas maupun di luar kelas seperti di Musala, Masjid, Laboratorium atau lainnya yang berada di lingkungan sekolah.

Penambahan jam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengamalan agama Islam bagi peserta didik dan membentuk budaya Islami di sekolah. Oleh karena itu, penyerapan metode pembiasaan dan keteladanan mutlak diperlukan seperti: tadarus al-Qur’an, doa sebelum pembelajaran dimulai, Salat Duha, Salat ̈Dzuhur berjamaah, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), zikir bersama, outbound Islami, dan lain-lain.

Petunjuk Penggunaan Buku

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, tahapan berikut sangatlah penting diperhatikan oleh guru.
1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.

2. Setiap pelajaran berisi kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi guru dengan orang tua.

3. Pada sub pelajaran tertentu, penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.

4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memerhatikan kolom-kolom atau rubrik yang terdapat dalam Buku Siswa, sehingga perhatian peserta didik menjadi fokus. Kolom-kolom tersebut adalah:

a) Kegiatan berisi aktivitas yang harus peserta didik lakukan untuk memahami materi.
b) Tugas berisi latihan bagi peserta didik untuk menyelesaikan tugas tertentu baik berupa hafalan atau menyelesaikan soal.
c) Sikap Kebiasaanku, sebagai motivasi agar peserta didik mau menerapkan atau mengimplementasikan nilai-nilai karakter sebagai dampak pengiring dari proses pembelajaran yang dialaminya.
d) Ayo, Berlatih untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.

5. Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, untuk kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan dapat dijelaskan sebagai berikut:
a) Untuk kompetensi sikap, penilaian terdiri atas penilaian utama dan penunjang. Penilaian utama dapat diperoleh dari observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari penilaian diri dan antar teman, hasilnya dapat dijadikan alat konfirmasi dari hasil penialian sikap oleh pendidik.

Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi melalui wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dan catatan kejadian tertentu (incidental record) sebagai unsur penilaian utama.

Silahkan Download Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Berikut ini
Download Buku Siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018



Download Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Demikianlah artikel tentang :

Download Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

2 komentar:

Back to top