Home » » Contoh Judul PTK PAI Tingkat SMP/MTs Kelas 8

Contoh Judul PTK PAI Tingkat SMP/MTs Kelas 8

Ilmuguru.org - Dalam kesempatan kali ini IG (lmuguru) akan mencoba memberikan sedikit sebaran materi tentang Contoh Judul dan Laporan Penelitian Tingkat SMP/MTs Kelas 8/VIII.

Besar harapan kami dengan adanya sebaran Contoh File PTK PAI Tingkat SMP/MTs Kelas 8/VIII bisa memberi manfaat untuk anda yang ingin segera menyusun laporan PTK tersebut.

Judul dan Laporan PTK PAI Tingkat SMP/MTs

Download Contoh Judul dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tingkat SMP/MTs Kelas 8 Mapel PAI


Berikut ini kami sajikan untuk anda agar bisa mengunduh contoh Judul dan Laporan PTK PAI Tingkat SMP/MTs Kelas 8 secara lengkap dan Utuh.

01. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) (Studi Tindakan Kelas Pada Kelas VIII Semester I MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati Tahun 2010/2011)
Unduh | A R S Y A D

ABSTRAK
Arsyad NIM: (073111557), Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Melalui Metode STAD (student teams achievement divisions) Studi Tindakan Kelas Pada Kelas VIII Semester I MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati tahun 2010/2011. Skripsi. Semarang : Jurusan PAI Program Kualifikasi S.1 Guru RA/Madrasah Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2011.

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah metode Student Teams Achievement Devisions (STAD) dapat meningkatan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik, mapel Aqidah Akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah di kelas VIII MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Jumlah subyek penelitian adalah 35 peserta didik. Pengumpulan data mengunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode student teams achievement divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada kelas VIII semester I MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati. Sebelum dilakukan model pembelajaran metode student teams achievement divisions (STAD) ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,68 %, setelah dilaksanakan model pembelajaran ini pada siklus I mencapai 85,71 %, dan pada siklus II mencapai 94,29%. hal ini membuktikan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif metode (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah melalui metode student teams achievement divisions (STAD) studi tindakan kelas pada kelas VIII semester I MTs Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin Bageng Gembong Pati tahun 2010/2011.

Disamping itu keaktifan belajar peserta didik prasiklus termasuk dala katagori kurang dengan prosentase aktifitas secara klasikal sebesar 42,86 % pada siklus I keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 21,14 % menjadi 64,00. Pada siklus I ini keaktifan belajar peserta didik termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II keaktifan belajar peserta didik semakin baik dengan peningkatan skor keaktifan belajar dari 64,00 meningkat sebesar 16,57% menjadi 80,57 dan termasuk dalam kategori sangat baik.

Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan bagi perbaikan kegiatan pembelajaran. Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif metode student teams achievement divisions (STAD) ini dalam proses pembelajaran sekolah mengingat model pembelajaran kooperatif metode student teams achievement divisions (STAD) ini dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

02. PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK POKOK MATERI MENERAPKAN AKHLAK TERPUJI KEPADA DIRI SENDIRI (Studi Tindakan pada Kelas VIII MTs Sultan Fatah Gaji Kec. Guntur Kab Demak Semester 1 tahun ajaran 2010/2011)
Unduh | MUNTHOLIB

ABSTRAK
Muntholib (NIM 073111508) “PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK POKOK MATERI MENERAPKAN AKHLAK TERPUJI KEPADA DIRI SENDIRI (Studi Tindakan pada Kelas VIII MTs Sultan Fatah Gaji Kec. Guntur Kab Demak Semester 1 Tahun Ajaran 2010/2011)”. Skripsi, Program strata I Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang 2011.

Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu 1) Untuk penerapan metode diskusi pada pembelajaran aqidah akhlak pokok materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri di kelas VIII Semester 1 MTs Sultan Fatah Gaji Kec. Guntur Kab Demak Tahun Ajaran 2010/2011. 2) Untuk mengetahui peningkatan prestsi belajar pada pembelajaran aqidah akhlak pokok materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri di kelas VIII Semester 1 MTs Sultan Fatah Gaji Kec. Guntur Kab Demak setelah menerapkan metode diskusi.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode diskusi pada pembelajaran aqidah akhlak pokok materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri di kelas VIII Semester 1 MTs Sultan Fatah Gaji Kec. Guntur Kab Demak Tahun Ajaran 2010/2011 dilakukan dengan menrankan materi, membentuk kelompok untuk mengkaji materi dan melakukan diskusi kelas, dan dalam diskusi kelas ini setiap peserta didik boleh mengomentari hasil kerja kelompok atau pasangan yang presentasi. 2) Peningkatan peningkatan prestsi belajar pada pembelajaran aqidah akhlak pokok materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri di kelas VIII Semester 1 MTs Sultan Fatah Gaji Kec. Guntur Kab Demak setelah menerapkan metode diskusi dapat dilihat dari prestasi belajar peserta didik tiap siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan belajar siswa ada 15 siswa atau 41,67% naik menjadi 19 siswa atau 52,77% meningkat lagi pada siklus II menjadi 24 siswa atau 66,67% dan di akhir siklus III menjadi 31 siswa atau 86,21%. Ini berarti metode diskusi yang digunakan berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

03. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI PEMBERIAN TUGAS BERBASIS PORTOFOLIO (Studi Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII G SMP N 30 Semarang)
Unduh | Indah Kurniawati

ABSTRAK
Indah Kurniawati (NIM: 3103218). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI PEMBERIAN TUGAS BERBASIS PORTOFOLIO (Studi Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII G SMP N 30 Semarang). Skripsi. Semarang Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui pelaksanaan pemberian tugas berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang, 2) meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang melalui pemberian tugas berbasis portofolio.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencnaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang yang mempunyai prestasi belajar rendah pada mata pelajaran PAI disebabkan kurangnya fariasi metode pemberlajaran yang selama ini berlangsung.

Peneliti kemudian menggunakan strategi pembelajaran dengan pemberian tugas berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap konsep pendidikan agama Islam, metode observasi untuk mengmati proses pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pemberian tugas berbasis portofolio (aktifita guru, patisipasi siswa), dan metode dokumentasi untuk mengetahui nam siswa, jumlah siswa dan nilai pendidikan agama Islam baik sebelum / sesudah diberi pembelajaran dengan pemberian tugas berbasis portofolio.

Setelah dilaksanakan tindakan melalui pemberian tugas berbasis portofolio, prestasi belajar PAI siswa kelas VIII G SMP N 30 Semarang meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rerata penilaian tes akhir siswa pada tiap siklusnya, yaitu : siklus I = 6,70, siklus II = 7,10 dan siklus III = 7,70.

Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan strategi pembelajaran dengan pemberian tugas berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dapat diterapkan oleh guru mata pelajaran PAI pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya.

04. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MAPEL PAI MATERI POKOK PUASA WAJIB DAN PUASA SUNAH SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMPN 23 MIJEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2011/2012
Unduh | ARIS SUSANTI

ABSTRAK
ARIS SUSANTI (NIM. 63111129). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MAPEL PAI MATERI POKOK AKHLAK TERCELA SEMESTER GANJIL KELAS VIII DI SMPN 23 MIJEN, SEMARANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2011 Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: Apakah model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mapel PAI MATERI POKOK AKHLAK TERCELA SEMESTER GANJIL KELAS VIII DI SMPN 23 MIJEN, SEMARANG TAHUN AJARAN 2011/ 2012 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMPN 23 Mijen, Semarang pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah peserta didik 36 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya, Yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran PAI dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing. indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar individu dan klasikal.

Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode : wawancara, observasi, dokumentasi dan tes evaluasi, dan LKS (lembar kerja siswa). Data hasil pengamatan tes evaluasi diolah dengan anlisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar PAI siswa melalui model pembelajaran snowball throwing mengalami peningkatkan hasil belajar, khususnya pada materi pokok puasa wajib dan puasa sunah pada siklus I diperoleh nilai rata – rata kelas 7,56 dengan ketuntasan belajar 97,14%. Aktivitas belajar antar siswa 57,6% dan aktivitas belajar siswa dengan guru sebesar 70% dan meningkat menjadi 8,82 dengan ketuntasan belajar 100%. Aktivitas belajar antar siswa 82,16% dan aktivitas belajar siswa dengan guru 84,17% pada siklus II . Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata kelas dari 7,56 menjadi serta ketuntasan belajar klasikal dari siklus I dan siklus II sebesar 2,86%. Sehingga tidak perlu dilakukan siklus III.

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top