Komentar Anda

Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2020/2021

Ilmuguru.org - Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2020/2021
Disini





Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Kalender Pendidikan 2020/2021 di seluruh Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas provinsi Kalimantan Tengah Nomor : 421/857/DISDIK/III/2020 tentang Kalender Pendidikan Jalur Pendidikan Formal SMA/SMK/SLB Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kalender pendidikan atau Kaldik merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.

Permulaan tahun ajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.

Hari libur sekolah ditetapkan berdasar Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan atau Menteri Agama dalam hal yang berkaitan dengan hari raya keagamaan.

Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus. Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dapat menetapkan hari libur serentak untuk satuan-satuan pendidikan.

Satuan pendidikan dasar dan menengah dapat menyusun kalender pendidikan sesuai kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik, dan masyarakat, dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana yang dimuat dalam standar isi.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan Persiapan Permulaan Tahun Pelajaran

  1. Pendaftaran penerimaan peserta didik baru pada SMA/SMK dilaksanakan satu hari setelah pengumuman kelulusan SMP/MTs, dengan tahapan informasi PPDB tanggal 15 – 31 Mei 2020 dan pendaftaran dimulai tanggal 22 – 26 Juni 2020.
  2. Pendaftaran penerimaan peserta didik baru pada SDLB/SMPLB/SMALB dilaksanakan bersamaan dengan SMA/SMK;
  3. Kegiatan penerimaan peserta didik baru sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan berpedoman pada peraturan perundang undangan yang berlaku tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.
  4. Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah menyusun Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru dengan mengacu pada ayat (1) dan ayat (2);
  5. Tanggal penetapan sebagai siswa baru di satuan pendidikan adalah 13 Juli 2020;
  6. Perencanaan pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelajaran harus sudah selesai tanggal 1 0 Juli 2020 dan dilaporkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Fungsi dari Kalender Pendidikan secara umum adalah untuk mendorong efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah.

Selain itu, Kalender Pendidikan juga berfungsi untuk menyelaraskan antara ketentuan hari efektif dengan hari libur sekolah.

Secara khusu bagi guru kaldik dapat digunakan untuk pedoman dalam penyusunan Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Downoad Kalender Pendidikan Provinsi Kalteng Tahun Pelajaran 2020/2021


Kalender pendidikan atau kaldik pada dasarnya adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur. untuk lebih jelasnya silahkan download pada link di bawah ini.



Download Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2020/2021

Demikianlah artikel tentang, Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2020/2021. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar