Recents in Beach

Buku Panduan Ujian Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020/2021

Ilmuguru.org - Buku Panduan Ujian Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020/2021
Panduan UKKS 2020




Hallo sahabat Ilmuguru.org, Pada kesempatan kali ini admin ingin share informasi terbaru mengenai Buku Panduan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Jenjang SD dan SMP Tahun 2020 / 2021.

Penyelenggara uji kompetensi kepala sekolah tahun 2020 / 2021 akan di selenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) melalui Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPSPS).

Untuk Sasaran uji kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) adalah Kepala Sekolah yang akan menyelesaikan periode ketiga atau masa kerja 12 (dua belas) tahun sebagai Kepala Sekolah dan akan ditugaskan kembali menjadi Kepala Sekolah pada periode keempat.

Unduh Gratis Buku Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020/2021


Bagi Kepala Sekolah yang sudah masuk periode keempat pada bulan Juli tahun 2019, tidak perlu mengikuti Uji Kompetensi Kepala Sekolah.

Persyaratan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020/2021 yang harus dipenuhi oleh Kepala Sekolah tersebut adalah sebagai berikut:
  1. memiliki hasil penilaian prestasi kerja minimal baik pada 3 (tiga) tahun terakhir
  2. memperoleh surat tugas untuk mengikuti Uji Kompetensi dari Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangannya; dan
  3. memiliki surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.

Sedangkan untuk Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020/2021 adalah sebagai berikut :
01 Waktu Pelaksanaan UKKS 2020
Uji Kompetensi dilaksanakan 4 (empat) kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.

Kepala Sekolah hanya dapat mengikuti uji Kompetensi 1 (satu) kali dalam satu tahun terakhir masa tugas periode ketiga dan paling cepat 6 (enam) bulan sebelum menyelesaikan masa kerjanya.

02. Waktu Pelaksanaan UKKS Tahun 2020
Tempat uji kompetensi berada di Provinsi/ Kabupaten/Kota yang ditetapkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan c.q. LPPKSPS.

Sedangkan Kriteria penilaian UKKS Tahun 2020/2021 ialah Penilaian dilakukan dengan menjumlahkan nilai dari dua komponen yaitu nilai portofolio dan best practice sesuai bobot yang telah ditentukan.

Portofolio memiliki bobot penilaian 60% dan laporan best practice memiliki bobot penilaian 40%. Peserta uji kompetensi dinyatakan “kompeten”, jika mencapai nilai akhir minimal 75.

Download Panduan UKKS (Uji Kompetensi Kepala Sekolah) Tahun 2019/2020


Berdasarkan PP 74 Tahun 2008 tentang guru bahwa, Kepala Sekolah merupakan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah.

karena Kepala sekolah merupakan tugas tambahan maka kepala sekolah mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) dan Ujian Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS).

Selain itu juga setiap kepala sekolah yang melaksanakan UKKS harus menyusun laporan BEST PRACTICE. Maka dari itu kami akan memberikan Contoh Laporan BEST PRACTICE jenjang SD dan SMP. Untuk lebih jelasnya silahkan download pada ling di bawah ini.



Download Buku Panduan Ujian Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020/2021

Download Juga :
== Contoh Laporan BEST PRACTICE jenjang SD
== Contoh Laporan BEST PRACTICE jenjang SMP

Demikianlah artikel tentang, Buku Panduan Ujian Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020/2021. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar