Komentar Anda

Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SMA Mapel Sejarah Abad Ke 21

Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SMA Mapel Sejarah Abad Ke 21 - Pada kesempatan kali ini IG (Ilmuguru.org) ingin memberikan informasi mengenai Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis Kecakapan Jenjang SMA Mapel Sejarah Abad Ke 21



Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas.

Kompetensi guru terdiri atas kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian yang harus dimiliki dan diperbarui setiap waktu melalui Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB) salah satunya pada unsur pengembangan diri melalui keikutsertaan guru dalam pelatihan.
Disini

Unduh Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berbasis Kecakapan Guru SMA Mapel Sejarah Abad Ke 21 Revisi 2019

Pelatihan guru dirancang sesuai kebutuhan peningkatan kompetensi di lapangan, khususnya bagi Guru Sejarah SMA.

Tuntutan pembelajaran mengharuskan guru Sejarah SMA menguasai kajian keilmuan selain yang telah diperoleh saat guru menempuh pendidikan di universitas. Penguasaan guru terhadap kajian keilmuan dan meramunya menjadi keterpaduan merupakan kompetensi profesional yang harus dimiliki Guru Sejarah SMA.

Penguasaan terhadap materi saja tidak cukup, guru yang profesional juga harus memiliki kompetensi pedagogik meliputi merancang, melaksanakan dan melakukan evaluasi hasil belajar peserta didik.

Guru mengorientasikan pembelajaran pada keaktifan peserta didik melalui kemampuan pemahaman terhadap peserta didik dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Sejarah SMA ini dipersiapkan untuk mendukung upaya peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik guru sehingga mempermudah yang bersangkutan melaksanakan tugas mengajar di kelas.

Modul ini menjelaskan tentang Pembelajaran Kecakapan Abad 21, Metode Penelitian Sejarah, materi Praaksara Indonesia dan Dunia, Sejarah Indonesia Kuno, Sejarah Indonesia Baru, Sejarah Indonesia Modern, Sejarah Indonesia Kontemporer.

Aktivitas pelatihan yang dirancang dalam modul ini menggunakan hasil Analisis Kompetensi Dasar yang sama dari materi pertama sampai dengan materi akhir, yaitu tentang Penilaian berbasis HOTS.

Download Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SMA Mapel Sejarah Revisi 2019

Tujuan penggunaan KD yang sama agar peserta pelatihan dapat memiliki gambaran benang merah sebuah proses pembelajaran yang runtut dan utuh dari penggunaan KD, penguraian menjadi IPK, merancang aktivitas pembelajaran sesuai dengan IPK menggunakan Model Pembelajaran yang sesuai, Pengembangan RPP sampai pada penentuan alat ukur untuk menilai semua proses pembelajaran HOTS. Selengkapnya silahkan unduh disini.



Download Modul Pelatihan Guru SMA Mapel Sejarah Abad Ke 21

Demikianlah artikel tentang, Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SMA Mapel Sejarah Abad Ke 21. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar