Home » » Kriteria dan Prangkat Akreditasi SDLB, SMPLB dan SMALB Tahun 2019

Kriteria dan Prangkat Akreditasi SDLB, SMPLB dan SMALB Tahun 2019

Kriteria dan Perangkat Akreditasi SLB

Kepmenidkbud Nomor 394 Tahun 2019 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SDLB, SMPLB dan SMALB





Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Kriteria dan Perangkat Akreditasi SDLB, SMPLB dan SMALB.

Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 394 Tahun 2019 bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 20 ayat (1) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal, perlu menetapkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa.

Salah satu hasil dari akreditasi terhadap SLB tahun 2019 adalah memberikan penilaian dan peringkat akreditasi terhadap satuan pendidikan SLB.

Oleh karena perangkat akreditasi tahun 2019 masih berdiri masing-masing, yaitu perangkat SDLB, SMPLB dan SMALB, maka pemberian nilai, status dan peringkat untuk SLB akan dilakukan melalui konversi hasil penilaian per jenjang.

Penentuan Nilai Akhir Akreditasi SLB
  1. Apabila dalam SLB hanya terdapat satu jenjang saja, misalnya hanya SDLB, SMPLB atau SMALB, maka nilai akreditasi per komponen, nilai akhir akreditasi dan peringkat SLB sama dengan nilai dan peringkat satuan pendidikan di SLB tersebut.
  2. Apabila dalam SLB terdapat lebih dari satu jenjang, maka nilai akreditasi per komponen dan nilai akhir akreditasi SLB dihitung dari rata-rata dari seluruh jenjang yang ada di SLB tersebut. Selanjutnya nilai akhir akreditasi tersebut digunakan untuk menentukan peringkat SLB.

Kriteria dan Status Akreditasi Sekolah yang dinyatakan terakreditasi apabila:
  • Memperoleh Nilai Akhir Hasil Akreditasi sekurang-kurangnya 71.
  • Memperoleh Nilai Komponen Standar Sarana dan Prasarana tidak kurang dari 61.
  • Tidak ada nilai komponen standar di bawah 50.
Sekolah dinyatakan tidak terakreditasi jika tidak memenuhi kriteria di atas.

Download Kepmenidkbud Nomor 394 Tahun 2019

Kriteria dan Perangkat Akreditasi SDLB, SMPLB dan SMALB Tahun 2019 merupakan instrumen yang digunakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah untuk melakukan penilaian kelayakan akreditasi pada sekolah/madrasah. Selengkapnya silahkan unduh disini.
Download Kepmenidkbud Nomor 394 Tahun 2019

Demikianlah artikel tentang, Kriteria dan Perangkat Akreditasi SDLB, SMPLB dan SMALB. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Perhatian : Jika disitus web ini anda menemukan soal tersebut tanpa kunci jawaban dan anda menginginkan Jawabannya. Segera kirim soal tersebut ke Email kami melalui kontak email atau kirim kirim ke E-Mail: ilmuguru97@gmail.com Kami Minta jeda cuman 1 hari pasti kami akan kerjakan dengan kunci jawaban yang tepat.

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top