Ad Code

Panduan Penyusunan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah Tahun 2019

Panduan Penyusunan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah Tahun 2019 - Pada kesempatan kali ini Ilmuguru.org ingin memberikan informasi mengenai Buku Panduan Penyusunan RIR SMK.



Panduan penyusunan RENCANA INOUK REVITALISASI SMK (RIR SMK) ini disiapkan sebagai acuan bagi SMK dalam menyusun rencana program dan kegiatan revitalisasi sekolah.

Panduan ini memuat prinsip-prinsip penyusunan RIR SMK secara ringkas untuk memudahkan sekolah dalam menuangkan rencana program dan kegiatan revitalisasi secara terstruktur dan sistematis mengikuti ketentuan yang ditetapkan Direktorat PSMK sehingga RIR SMK yang disusun dapat sesuai seperti yang diharapkan.

Panduan Penyusunan RIR SMK

Isi panduan terdiri dari 4 (empat) bagian, Pertama adalah Kata Pengantar, Bagian Kedua penjelasan konsep Revitalisasi SMK, Bagian Ketiga Format RIR, dan Bagian Keempat Cara menyusun atau mengisiformalRIR.

Oengan panduan penyusunan RIR SMK ini diharapkan akan menghasilkan rencana pengembangan SMK yang ideal dan terstandar, dapat dilaksanakan dengan lebih efisien dan efektif, memudahkan memonitor/supervisi dan atau mengukur tingkat kemajuannya, mengetahui dengan segera permasalahan/hambatan yang terjadi dan mudah untuk mengetahui hasil akhirnya serta memudahkan melihat dampak hasil revitalisasi baik jangka pendek maupun panjang.




Revitalisasi merupakan transformasi strategi pembenahan SMK yang disusun berdasarkan masukan, saran dan kritikan yang selama ini ada, dengan tujuan utama memperkuat kinerja SMK sehingga mampu meningkatkan kebekerjaan lulusannya, dan keberadaanya juga sebagai daya dukung dan penopang peningkatan ekonomi daerahnya terutama keunggulan lokal dan budaya, dengan basis dari bawah, atau bottom up approach".

Selama ini program peningkatan/ pengembangan SMK di lakukan hanya menggunakan "Single Treatment" atau 1 (satu) kegiatan/aspek/komponen misalnya pembangunan Ruang Praktik Siswa (RPS) saja; atau pengadaan peralatan praktek saja;atau pelatihan beberapa guru saja sehingga hasil akhir pengembangannya tidak tuntas menyelesaikan permasalahan yang ada. Dengan program Revitalisasi SMK, semua komponen pendidikan yang ada di sekolah akan dibenahi sampai selesai secara tuntas, dan ini merupakan pendekatan baru yaitu "multi-treatments".

Revitalisasi juga diawali dengan "Re-focus", penajaman atau penataan Bidang/Program/Kompetensi Keahlian yang ada, setiap kompetensi yang dibuka harus terkait dengan kebutuhan tenaga kerja di DUDI baik global atau internasional, nasional atau lokal Dengan demikian revitalisasai juga akan menghasilkan "demand driven".

sistem secara murni yang selama ini diinginkan masyarakat Dengan hanya membuka Bidang/Program/Kompetensi Keahlian yang benar-benar sesuai
-dan menunjang kebutuhan ketenagakerjaan yang ada, berarti merupakan jaminan bahwa lulusan SMK akan mempunyai peluang yang besar untuk bekerja.

Sebagai upaya untuk merealisasikan maksud tersebut, setiap SMK yang-ditunjuk dan ditetapkan untuk melaksanakan revitalisasi sekolahnya perlu mempunyai Rencana induk Revitalisasi SMK atau disingkat RIR SMK yang memuat rencana kegiatan atau program revitalisasi setiap komponen pendidikan yang ada disekolahnya dengan sistem dan strategi yang telah ditetapkan. Selengkapnya silahkan unduh disini.




Download Buku Panduan Penyusunan RIR SMK

Panduan ini merupakan acuan SMK dalam menyusun RIR SMK agar menghasilkan keseragaman pola dan kejelasan program kegiatan revitalisasi yangakan dilakukannya sehingga memudahkan dalam mengimplementasikan, mengukur tingkat kemajuannya serta menjamin keberhasiannya.

Posting Komentar

0 Komentar