Cara Mudah Mengatasi Lupa Email Dapodik Terbaru

Atasi Lupa Username Email Dapodik

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Cara Mudah Mengatasi Lupa Email Dapodik Terbaru.




Aplikasi Dapodik adalah aplikasi yang dirancang oleh Departemen Pendidikan untuk digunakan oleh setiap unit pendidikan sebagai alat untuk mengirim data dalam bentuk data sekolah yang meliputi data siswa, guru, infrastruktur, dokumen sekolah dan data sekolah lainnya.

Sekolah dalam melaksanakan tugas pengumpulan data tentu akan menunjuk satu orang yang akan ditugaskan sebagai operator dapodik sekolah yang tujuannya adalah untuk memasukkan data sekolah sehingga semua data sekolah dapat dikirim dengan benar oleh operator sekolah.

Sebagai operator sekolah dapodik, ia harus dapat memiliki memori yang kuat dalam menghafal dan mengingat kode yang diperlukan untuk dapat masuk ke aplikasi dapodik.

Tetapi sebagai manusia normal, tentu ada kalanya seorang operator dapodik melupakan kode-kode yang harus dimiliki untuk dapat login ke aplikasi dapodik.

Dengan begitu banyak beban yang harus diingat dan dikerjakan kadang-kadang wajar bahwa operator sekolah dapodik mengalami kelalaian pada kode yang diperlukan untuk penggunaan aplikasi dapodik.

Ada 3 jenis kode yang sangat penting dalam menjalankan program aplikasi dapodik termasuk :
1. kode registrasi dapodik,
2. nama pengguna (Username) dapodik, dan
3. kata sandi dapodik.

Ketiga kode ini sangat penting untuk dimiliki oleh operator sekolah dapodik karena jika ada salah satu kode yang dilupakan, proses aplikasi dapodik pasti akan terhambat.

Cara Mengatasi Masalah Username Email Dapodik

Untuk mengetahui cara mudah mengatasi masalah lupa Username Email Dapodik maka penjelasan berikut yang saya berikan lengkap dengan gambar:

1. Pertama-tama silahkan anda buka menu “File Explorer” yang ada di computer anda, atau klik tanda "window + E" yang ada di komputer anda.

2. Selanjutnya anda klik "Local Disc (C)"

3. Selanjutnya coba anda cari nama file yang bertuliskan "Program File (x86)"

4. Setelah ketemu coba anda cari lagi file "Dapodik" kalau sudah ketemu "Double Klik" atau "Klik 2x" agar folder tersebut terbuka.

5. Jika sudah terbuka silahkan anda cari lagi nama file "Webserver" seperti yang ada pada gambar di bawah ini, kemudian "Double Klik" untuk membuka halaman selanjutnya.
Langkah 1: Atasi Lupa Email Dapodik

6. Sekarang coba anda cari lagi nama file "Logs" seperti gambar di bawah ini, jika sudah ketemua silahkan "Double klik" lagi untuk masuk ke halaman selanjutnya.
Langkah 2: Atasi Lupa Email Dapodik

7. Nah, jika sudah terbuka halaman ini sekarang coba anda cari file yang bertuliskan "Access.log" seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Langkah 3: Atasi Lupa Email Dapodik

8. Kalau sudah ketemu file tersebut, silahkan anda "Double klik" file tersebut, maka maka file tersebut akan terbuka seperti pada gambar di bawah ini.
Langkah 4: Atasi Lupa Email Dapodik

9. Selanjutnya silahkan anda cari nama yang bertuliskan "&username" pada halaman tersebut. Jika anda bingung cara mencarinya, silahkan anda tekan "CTRL+F". Untuk kolom "Find What" anda sebaiknya isi dengan tulisan "&username" lalu anda tekan tombol "Find Next". tampilannya seperti gambar di atas nomor 8 ini.

10. Jika anda sudah lakukan langkah pada nomor 9, maka file atau Email yang anda cari sekarang sudah ketemu, seperti gambar yang terlihat di bawah ini.
Langkah 5: Atasi Lupa Email Dapodik

NB: E-mail ini di gunakan untuk masuk (Login) ke aplikasi dapodik terbaru.

Mungkin cara seperti ini yang bisa saya berikan untuk anda jika anda lupa Username Email Aplikasi Dapodik anda sendiri. Terima Kasih.

Posting Komentar

0 Komentar