Home » , » Pedoman Evaluasi RB Instansi Pemerintah Sesuai Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2019

Pedoman Evaluasi RB Instansi Pemerintah Sesuai Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2019

Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2019

Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Perubahan kedua Atas Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi RB Instansi Pemerintah

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Evaluasi RB Instansi Pemerintah.


Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah sudah tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga perlu diubah.

Berdasarkan Juknis Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) bahwa Pelaksanaan Reformasi Birokrasi sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 sudah dilaksanakan hampir pada seluruh instansi pusat dan sebagian pemerintah daerah.

Agar pelaksanaan Reformasi Birokrasi dapat berjalan sesuai dengan arah yang telah ditetapkan, maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari hasil pelaksanaannya.

Disamping itu monitoring dan evaluasi juga dimaksudkan untuk memberikan masukan dalam menyusun rencana aksi perbaikan berkelanjutan bagi pelaksanaan Reformasi Birokrasi periode atau tahun berikutnya.

Untuk mengukur kemajuan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan instansi pemerintah, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) yang digunakan sebagai instrumen penilaian Reformasi Birokrasi secara mandiri (self-assessment).

PMPRB Online merupakan sebuah instrumen bantu berupa aplikasi teknologi informasi (TI) berbasis web. PMPRB Online akan mempercepat proses PMPRB yang dilakukan oleh masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal pengumpulan dan pengolahan data, monitoring dan evaluasi data, serta memudahkan proses saling belajar (bench learning) secara realtime online.

Maksud dari Petunjuk Teknis PMPRB Online adalah panduan yang digunakan oleh K/L dan Pemda, Kementerian PANRB/Unit Pengelola Reformasi Birokrasi Nasional (UPRBN), dan Tim Quality Assurance (TQA).

Sedangkan tujuannya adalah untuk:
  1. Memudahkan dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi implementasi, sebagaimana termuat dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 30 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah.
  2. Dijadikan dasar menilai kesiapan, monitoring, dan evaluasi serta penjaminan kualitas.

Petunjuk Teknis PMPRB Online meliputi mekanisme pengoperasian, pengelolaan dan penyajian informasi, dan proses pencapaian tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi.

Download Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2019


Berdasarkan Permenpan RB Nomor : 8 Tahun 2019 bahwa untuk mencapai sasaran reformasi birokrasi di lingkungan instansi pemerintah dibutuhkan peningkatan kualitas penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi. Selengkapnya silahkan download melalui link dibawah ini.



Download Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2019

Demikianlah artikel tentang, Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Pedoman Evaluasi RB Instansi Pemerintah. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top