Sabtu, 08 Juni 2019

Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat

Kalender Pendidikan 2019/2020 Kalimantan Barat

Kalender Pendidikan (Kaldik Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Tahun Pelajaran 2019/2020

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Kalender Pendidikan (Kaldik Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Tahun Pelajaran 2019/2020.


Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaranefektif dan hari libur. Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran.

Rambu-rambu penyusun Kalender Pendidikan bagi sekolah-sekolah dalam lingkungan pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tanggal 12 Juni Tahun 2017 tentang hari sekolah.

Dalam Keputusan tersebut telah disampaikan penetapan waktu mengenai :
- Pembagian buku raport
- Libur semester
- Akhir tahun pelajaran / kenaikan kelas
- Penerimaan peserta didik baru
- Permulaan tahun pelajaran
- Dan hal-hal lain terkait dengan hari efektif belajar di sekolah

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tersebut dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi para kepala sekolah dalam mengatur penyelenggaraan sekolah selama satu tahun pelajaran berjalan, selain untuk mewujudkan keserasian langkah antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas dengan seluruh sekolah negeri dan swasta dalam lingkungan Pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Oleh karena itu, kami mengharapkan agar kepala sekolah dan seluruh aparat pendidikan dalam lingkungan pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas dapat melaksanakan Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas Nomor : 107 Tahun 2019 bahwa sehubungan akan berakhirnya tahun pelajaran 2019/2020, tentunya diperlukan langkahlangkah persiapan menjelang dimulainya tahun pelajaran 2019/2020.

Dalam Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat ini yang dimaksud dengan:
  1. Dinas adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas.
  2. Kepala dinas adalah kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas.
  3. Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
  4. Sistem Pendidikan Nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
  5. Penyelenggaraan pendidikan adalah sistem pengelolaan yang mencakup seluruh kegiatan pendidikan formal dan pendidikan nonformal.
  6. Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang selanjutnya disingkat KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
  7. Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia.
  8. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum 2006.
  9. Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
  10. Satuan Pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
  11. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran.
  12. Awal tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
  13. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
  14. Hari belajar efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
  15. Hari libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

Berdasarkan Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat tentang Formula dan Akhir Tahun Pelajaran adalah sebagai berikut :
  • Tahun pelajaran 2019/2020 dimulai hari Senin, 15 Juli 2019 dan berakhir pada hari Sabtu 20 Juni 2020;
  • Semester ganjil dimulai hari Senin, 15 Juli 2019 dan berakhir pada hari Sabtu, 21 Desember 2019;
  • Semester genap dimulai hari Senin, 6 Januari 2020 dan berakhir pada hari Sabtu, 20 Juni 2020.

Selanjutnya informasi yang kami dapatkan Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat tentang Kegiatan Proses Pembelajaran adalah sebagai berikut :
01. Pada awal tahun pelajaran, sekolah wajib memiliki :
  • Rencana Kerja Sekolah (RKS) terdiri dari Pemetaan Mutu Pendidikan, Analisis Konteks, Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), dan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS),
  • Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Dokumen I);
  • Program Supervisi;
02. Pada awal tahun pelajaran, guru wajib memiliki :
  • Program Tahunan, Program Semester, dan Pengembangan Silabus;
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
  • Program Perbaikan (Remedial) dan Pengayaan (Enrichment); dan
  • Program Ekstrakurikuler/Pengembangan Diri.

Selanjutnya berdasarkan Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat Penilaian pendidikan dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2018 tentang penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah.

Sekolah, kepala sekolah dan guru wajib memiliki, mempelajari dan menerapkan regulasi terkait kegiatan penilaian pendidikan. Penilaian pendidikan meliputi :
  • Ulangan Harian/Penilaian Harian;
  • Ulangan Tengah Semester/ Penilaian Tengah Semester;
  • Ulangan Akhir Semester/ Penilaian Akhir Semester;
  • Ujian Sekolah/Ujian Sekolah Berstandar Nasional; dan
  • Ujian Nasional.

Sebagaimana yang kita ketahui dari Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat pada hari-hari libur sekolah. Untuk libur Semester di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Semester 1 (satu) selama 10 (sepuluh) hari mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan hari Sabtu tanggal 4 Januari 2020;
  • Semester 2 (dua) disebut libur panjang selama 18 (delapan belas ) hari mulai hari Senin 22 Juni 2020 sampai dengan hari Sabtu 11 Juli 2020;

Berikut ini Kalender Pendidikan Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat Tahun Pelajaran 2019/2020

Kaldik Kalbar

Download Kalender Pendidikan Tahun 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar)

Setiap satuan pendidikan baik negeri maupun swasta wajib menyusun kalender
pendidikan yang mengacu pada kalender tahun pelajaran 2019/2020 yang disusun
oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas. Mengenai Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Kalimantan Barat silahkan download pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.



Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat

Demikianlah artikel tentang, Kalender Pendidikan 2019/2020 Kalimantan Barat. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!
Load disqus comments

0 komentar