Home » , » Juknis Penulisan Ijazah RA, MI, MTs dan MA Tahun 2019

Juknis Penulisan Ijazah RA, MI, MTs dan MA Tahun 2019

Juknis Penulisan Ijazah RA dan Madrasah Tahun 2019

Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah RA, MI, MTs dan MA (Madrasah) Kemenag Tahun 2019/2020


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah RA, MI, MTs dan MA Kemenag Tahun 2019/2020.


Ijazah adalah salah satu dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Ijazah ini hanya diberikan satu kepada yang berhak menerima, tidak ada cadangan pada tiap - tiap ijazah sehingga Ijazah sangat penting dan harus dijaga agar tetap utuh dan rapi.

Sesuai Juknis Penulisan Ijazah RA, MI MTs dan MA Tahun 2019 Dalam lembaga pendidikan Madrasah dan semua jenjang tersebut memiliki Ijazah tersendiri. Adapun Ijazahnya adalah sebagai berikut :
  • Ijazah Raudhatul Athfal (RA) : diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada RA dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan RA.
  • Ijazah Madrasah Ibtidaiyah (MI) : diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MI dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan MI.
  • Ijazah Madrasah Tsanawiyah (MTs) : diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MTs dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan MTs.
  • Ijazah Madrasah Aliyah (MA) : diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MA dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan MA.

Petunjuk Umum Penulisan Ijazah RA dan Madrasah Tahun 2019

Dalam petunjuk umum Juknis Penulisan Ijazah RA, MI MTs dan MA Tahun 2019 adalah sebagai berikut :
  1. Ijazah RA, MI, MTs, dan MA diterbitkan oleh satuan pendidikan yang telah memiliki izin operasional.
  2. Ijazah RA, MI, MTs, dan MA, diisi oleh panitia yang tetapkan oleh kepala satuan pendidikan.
  3. Ijazah ditulis tangan dengan baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.
  4. Penulisan blangko ijazah dilakukan sesegara mungkin setelah satuan pendidikan menerima blangko ijazah dari Kabupaten/Kota/Provinsi. Setelah ijazah disahkan oleh kepala satuan pendidikan, selanjutnya ijazah dibagikan kepada peserta didik yang berhak menerima ijazah.
  5. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan blangko Ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko ijazah yang baru.
  6. Blangko Ijazah yang salah dalam penulisan, disilang dengan tinta warna merah secara diagonal pada halaman depan dan belakang sebagai tanda bahwa blanko tersebut tidak sah digunakan.

Download Juknis Penulisan Ijazah RA dan Madrasah Tahun 2019

Untuk ketentuan-ketentuan lainnya secara detail dan contoh-contoh blangko baik blangko kosong ijazah dan contoh blangko yang telah diisi untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA.

Dengan menggunakan dan mempedomani juknis penulisan Ijazah 2019, diharapkan proses penulisan blangko ijazah dapat berjalan secara efektif, efisien, dan terhindar dari kesalahan. Berikut ini link download Juknis Penulisan Ijazah RA, MI MTs dan MA Tahun 2019 yang bisa anda unduh pada link di bawah ini.



SK Dirjen Pendis Nomor 2323 Tahun 2019 ==>> Disini
Juknis Penulisan Ijazah RA, MI MTs dan MA Tahun 2019 ==>> Disini

Demikianlah artikel tentang, Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah RA, MI, MTs dan MA Kemenag Tahun 2019/2020. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top