Sabtu, 18 Mei 2019

Pedoman Lomba Menulis Artikel Tentang Pencegahan Peredaran Narkoba Di Sekolah

Lomba Menulis Artikel Tentang Narkoba

Download Buku Pedoman Pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Tentang Pencegahan Peredaran Narkoba Di Sekolah Tahun 2019


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Buku Pedoman Pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Tentang Pencegahan Peredaran Narkoba Di Sekolah Tahun 2019.


Lomba Menulis adalah kompetisi menulis di kalangan guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, sebagai wahana untuk melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan yang sistematis dan metodologis tentang pencegahan peredaran narkoba di sekolah. Tulisan dibuat dalam bentuk artikel yang berisi gagasan (ide) atau praktik baik dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di sekolah. Karya tersebut diseleksi guna mendapatkan 3 (tiga) pemenang untuk jenjang SMA, SMK dan 3 (tiga) pemenang untuk jenjang Pendidikan Khusus.

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam Undang-Undang ini (UU RI No. 35 Tahun 2009). Narkoba memiliki kepanjangan yakni narkotika, psikotropika, obat-obatan terlarang, dan zat adiktif.

Peredaran narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba) di Indonesia beberapa tahun terakhir ini menjadi masalah serius dan telah mencapai keadaan yang memprihatinkan dan menjadi masalah nasional. Korban penyalahgunaan narkoba telah meluas sedemikian rupa sehingga melampaui batas-batas strata sosial, umur, jenis kelamin.

Maraknya peredaran narkotika di masyarakat dan besarnya dampak buruk serta kerugian baik kerugian ekonomi maupun kerugian sosial yang ditimbulkannya membuka kesadaran berbagai kalangan untuk menggerakkan perang terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya (narkoba).

Narkoba adalah isu yang kritis dan rumit yang tidak bisa diselesaikan oleh hanya satu pihak saja. Karena narkoba bukan hanya masalah individu namun masalah semua orang. Mencari solusi yang tepat merupakan sebuah pekerjaan besar yang melibatkan dan memobilisasi semua pihak baik pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan komunitas lokal. Adalah sangat penting untuk bekerja bersama dalam rangka melindungi anak dari bahaya narkoba dan memberikan alternatif aktivitas yang bermanfaat seiring dengan menjelaskan kepada anak-anak tentang bahaya narkoba dan konsekuensi negatif yang akan mereka terima.

Anak-anak membutuhkan informasi, strategi, dan kemampuan untuk mencegah mereka dari bahaya narkoba atau juga mengurangi dampak dari bahaya narkoba dari pemakaian narkoba dari orang lain. Salah satu upaya dalam penanggulangan bahaya narkoba adalah dengan melakukan program yang menitikberatkan pada anak usia sekolah (school-going age oriented).

Tujuan kegiatan Lomba Menulis Artkel ini adalah sebagai berikut:
  1. menggali dan menuliskan artikel/gagasan (idea) tentang Pencegahan Peredaran Narkoba di Sekolah;
  2. menuangkan hasil praktik baik (best practices) tentang Pencegahan Peredaran Narkoba di Sekolah;
  3. meningkatkan kesadaran akan bahaya pecandu narkoba di kalangan guru pendidikan menengah dan pendidikan khusus.

Biaya kegiatan Lomba Menulis Artkel ini dibebankan pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2019 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kriteria Naskah Lomba Menulis Artkel

  1. Artikel harus memenuhi kriteria pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru, yaitu Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten (APIK)
  2. Artikel asli/orisinal atau bukan plagiat dan tidak melanggar UU Hak Cipta serta belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain dilampiri Surat pernyataan penulis mengenai keaslian dan belum pernah dipublikasikan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (contoh terlampir)
  3. Artikel harus mencantumkan identitas penulis, nama, telepon kantor/HP, email, bidang keahlian, alamat kantor dan kota domisili
  4. Jumlah kata terdiri dari 3.000 s.d 5.000 kata (tidak termasuk gambar, abstrak, daftar isi, daftar rujukan dan lampiran)
  5. Menggunakan kertas ukuran A4 dengan marjin kiri dan atas 4 cm; marjin kanan dan bawah 3 cm
  6. Huruf Tahoma, ukuran font 11, dengan spasi 1,15 dengan format PDF

Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artkel

Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artikel tentang Pencegahan Peredaran Narkoba di Sekolah adalah sebagai berikut.
  • Guru Jenjang SMA/SMK/Sekolah Pendidikan Khusus
  • Tercatat di Dapodik Kemendikbud yang dibuktikan dengan tangkapan layar (Screenshot) dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
  • Karya dilampiri lembar pengesahan yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Guru pada Dinas Pendidikan Provinsi/Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi
  • Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) artikel untuk diikutsertakan dalam lomba

Jadwal Lomba Menulis Artkel

Kegiatan Waktu
Pendaftaran dan Pengiriman Artikel Online 2 Mei – 31 Mei 2019
Penilaian Artikel 20 Mei – 10 Juni 2019
Penetapan Pemenang 24 – 26 Juni 2019

Hadiah dan Penghargaan Lomba Menulis Artkel

  1. Hadiah bagi pemenang setiap kategori
    • Pemenang I: Hadiah uang Rp 15.000.000,00
    • Pemenang II: Hadiah uang Rp 12.500.000,00
    • Pemenang III: Hadiah uang Rp 10.000.000,00
    • Hadiah dipotong pajak senilai ketentuan
    • Hadiah uang akan ditransfer ke rekening Pemenang
  2. Bagi Pemenang I setiap kategori akan diberikan 1 (satu) buah laptop
  3. Penghargaan
    • Kepada Pemenang akan diberikan Sertifikat sebagai Pemenang 1, 2, 3
    • Kepada finalis akan diberikan Sertifikat Finalis

Informasi Penyelenggaraan Lomba Menulis Artikel tentang Pencegahan Peredaran Narkoba di Sekolah



Silahkan Download Buku Pedoman Berikut ini

Demikianlah artikel tentang, Buku Pedoman Pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Tentang Pencegahan Peredaran Narkoba Di Sekolah Tahun 2019. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!
Load disqus comments

0 komentar