Home » , » Download Kisi-Kisi Soal LKS SMK Tahun 2019: CNC Turning

Download Kisi-Kisi Soal LKS SMK Tahun 2019: CNC Turning

LKS SMK CNC Turning

Download Kisi-Kisi Soal Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun 2019 Dengan Nama Bidang Lomba CNC Turning


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Kisi-Kisi Soal Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun 2019 Dengan Nama Bidang Lomba CNC Turning.


Direktorat Pemblnaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidlkan dan Kebudayaan senantiasa memperbaiki kualitas pendidikan dengan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat sekarang diera revolusllndustri 4.0, kita antisipasi dan persiapkan siswa untuk bisa mengejar mutu yang dipersyaratkan sehingga siap kerja sesual keterampilan baik didalam maupun diluar negeri.

Untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan pasar kerja tersebut, siswa SMK harus memiliki keahlian maupun keterampilan abad ke-21 sebagai bagian dari proses pengembangan sumber daya manusia (SDM), maka pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus mampu menghasilkan lulusan yang mampu berpartisipasi dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dan mampu menunjukkan keahlian dan daya saing dikancah naslonal maupun internasional.

LKS SMK merupakan wahana bagi siswa SMK untuk mengasah karakter positif, produktif, kreatif, dan inovatif, memotivasi siswa SMK untuk meningkatkan keahlian sesuai standar dunia industri, mendorong produktivitas siswa SMK untuk mampu bekerja secara optimal dan menghasilkan produk inovatlf, mengetahui peta kualltas dan kemampuan SMK diseluruh Indonesia sesuai standar dunia usaha industri, mempromosikan performa kerja siswa SMK dan meningkatkan citra SMK, meningkatkan kerjasama yang lebih intensif antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha/dunia industri (DUDI), asosiasi profesi dan berbagai pihak lainnya, menjalin persahabatan dan kerjasama secara nasional maupun internasional dalam membangun pendidikan menengah kejuruan, memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa SMK untuk berkompetisi secara positf, menyediakan sarana pengembangan dan pengakuan keunggulan kerja bagi siswa SMK yang memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja, melibatkan publik dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan untuk berpartisipasi aktif sehingga tercipta kebersamaan serta proses akulturasi kebudayaan.

Pada tahun 2019 ini, LKS SMK Tingkat Nasional XXVII diselenggarakan pada tanggal 07 s.d. 13 Juli 2019 di Yogyakarta. Bidang kompetensi yang akan dilombakan meliputi 29 jenis bidang lomba. Selain lomba, juga dlselenggarakan kegiatan pendukung lainnya seperti pameran produk inovasi unggulan hasil karya siswa SMK, workshop, pelatihan, pentas seni dan budaya, gerakan literasi sekolah (GLS), sertifikasi dan Kewirausahaan.

Penyusunan dokumen LKS SMK Tingkat Nasional XXVII ini telah melibatkan peran akademisi, praktisi dari pakar dunia usaha dan dunia industri serta alumni peserta World Skill Competiton (WSC) agar Soal LKS yang dihasilkan berkualitas sesuai perkembangan dunia industri/dunia usaha. Sehingga peserta LKS SMK Tingkat Nasional XXVII tahun 2019 memiliki kompetensi keahlian yang sesuai dengan standar kebutuhan industri.

Isi Buku Kisi-Kisi LKS SMK 2019 dengan Bidang lomba CNC Turning

Indonesia sedang menikmati periode bonus demografi berkat banyaknya populasi penduduk berusia muda dan masuk dalam rentang produktif, dengan populasi diperkirakan akan bertambah sebanyak 30 juta orang pada tahun 2030.
Di sisi lain, tuntutan perubahan akibat perkembangan teknologi khususnya di industri manufaktur yang memasuki era Industry 4.0 diprediksi memberikan dampak yang sangat besar dan luas, terutama pada sektor lapangan kerja, di saat robot dan mesin akan menghilangkan banyak lapangan kerja di sektor ini.

Secara global, industri manufaktur terus menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia. Industri ini membuat kontribusi luar biasa untuk perdagangan, penelitian dan pengembangan, dan produktivitas, menghasilkan 70% dari total ekspor dan 90% dari total investasi penelitian dan pengembangan di ekonomi manufaktur utama.

Berikut ini Kisi-Kisi LKS SMK 2019 dengan Bidang lomba CNC Turning :
1. Pendahuluan
1.1 CNC Turning
1.1.1 CNC Turning
1.1.2 Deskripsi CNC Turning
1.2 Relevansi dan Signifikansi Dokumen
1.3 Dokumen Terkait
2 Spesifikasi Standar Kompetensi LKS-SMK
2.1 Ketentuan Umum
2.2 Spesifikasi Kompetensi LKS-SMK
3 Strategi Asesmen dan Spesifikasi
3.1 Petunjuk Umum
4 Skema Penilaian
4.1 Petunjuk Umum
4.1.1 Lomba Kompetensi CAD dan CAM Turning (Modul 1)
4.1.2 Lomba Kompetensi CAM Turning + Milling dengan C axis (Modul 2)
4.1.3 Lomba Kompetensi Pengoperasian dan Pemprograman Mesin (Modul 3)
4.2 Kriteria Penilaian
4.2.1 Kriteria Penilaian Pemprograman
4.2.2 Kriteria Penilaian Praktik
4.3 Sub Kriteria
4.4 Aspek Penilaian
4.5 Penilaian
4.6 Komposisi Penilaian Judgement dan Measurement
4.7 Keseluruhan Penilaian Keterampilan
4.8 Prosedur Asesmen Keterampilan
5 Proyek Uji LKS
6 Keterampilan Manajemen dan Komunikasi
6.1 Forum Diskusi
6.2 Informasi Untuk Peserta Lomba
7 Persyaratan K3
8 Alat
9 Bahan
10 Layout Lomba
11 Pengunjung dan Media yang disediakan
12 Keberlanjutan/Sustainability
13 Tata Tertib Lomba
Lampiran

Silahkan Download Kisi-Kisi LKS Berikut ini



Download Kisi-Kisi LKS SMK: CNC Turning

Demikianlah artikel tentang, Kisi-Kisi Soal Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun 2019 Dengan Nama Bidang Lomba CNC Turning. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top