Penghargaan Taruna Sastra dan Acarya Sastra Terbaru Tahun 2019

Penghargaan Acarya Sastra 2019

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penghargaan Taruna Sastra dan Acarya Sastra Tahun 2019.


Dalam rangka memberikan penghargaan atas prestasi generasi muda yang konsisten mengembangkan kemampuan dan kreativitas berkarya sastra dan mengapresiasi karya sastra, untuk pertama kalinya Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyelenggarakan kegiatan Penghargaan Taruna Sastra dan Acarya Sastra Tahun 2019.

A. Penghargaan Taruna Sastra Bagi Generasi Muda
Generasi muda yang berusia maksimal 25 tahun pada 30 Oktober 2019. Penghargaan ini ditujukan bagi generasi muda yang belum pernah menerima penghargaan serupa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud.

B. Penghargaan Acarya Sastra Bagi Pendidik
Guru dilingkungan pendidikan formal dari jenjang pendidikan anak usia dini hingga menengah atas di Indonesia. Penghargaan ini ditujukan bagi pendidik yang belum pernah menerima penghargaan serupa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud.

C. Jadwal Kegiatan
  • Maret-Mei 2019 : Penyebarluasan informasi
  • 29 Maret-30 Mei 2019 : Penerimaan berkas calon penerima penghargaan
  • 10-20 Juni 2019 : Penyeleksian tingkat provinsi dan penetapan nomine tingkat provinsi
  • 1-30 Juli 2019 : Penilaian tingkat nasional
  • 30 Oktober 2019 : Pemberian penghargaan

D. Kriteria Penilaian
  1. Karya Sastra (Bobot 70%)
    • Karya sastra dapat berupa novel, cerpen, puisi, dan/atau drama yang dipublikasikan dalam bentuk cetak dan/atau daring.
    • Karya sastra harus berbahasa Indonesia dan asli (bukan saduran atau terjemahan).

    • Karya sastra diterbitkan atau dipublikasikan dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2014-sekarang).
  2. Kegiatan Apresiasi Sastra (Bobot 30%)
    • Keterlibatan dalam kegiatan apresiasi sastra dapat sebagai penyelenggara dan/atau narasumber.
    • Kegiatan apresiasi sastra yang diselenggarakan dapat bersifat kegiatan insidental atau rutin serta kegiatan mandiri atau kerja sama multi pihak, baik di dalam maupun diluar lingkup sekolah.
    • Kegiatan apresiasi sastra dilaksana kan secara konsisten dalam kurun waktu lima tahun terakhir.
E. Penghargaan Tiga penerima Penghargaan Acarya Sastra dan Taruna Sastra akan menerima penghargaan berupa piagam, buku terbitan Badan Bahasa, dan uang tunai dengan besaran sebagai berikut:
  • Pemenang I : Rp 14.000.000,00
  • Pemenang II : Rp 12.000.000,00
  • Pemenang III : Rp 10.000.000,00
  • * hadiah akan dipotong pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku
F. Tata Cara Pendaftaran Peserta dapat mengirimkan berkas secara langsung maupun dikirimkan melalui pas. Berkas usulan terdiri atas formulir usulan dan dakumen lampiran pendukung yang meliputi:
  1. surat keterangan mengajar dari pimpinan sekolah bagi peserta Acarya Sastra;
  2. surat keterangan dari pimpinan sekolah, perguruan tinggi, atau lembaga pendidikan bagi siswa atau mahasiswa bagi peserta Taruna Sastra;
  3. surat keterangan dari kepala desa, pimpinan organisasi, atau tokoh masyarakat bagi yang tidak sedang bersekolah;
  4. salinan kartu pelajar atau kartu tanda penduduk;
  5. salinan lima karya sastra yang diunggulkan, baik dalam bentuk terbitan maupun publikasi di media massa cetak dan internet; serta
  6. salinan surat atau sertifikat yang menerangkan keikutsertaan sebagai narasumber dan/atau penyelenggara dalam kegiatan kesastraan.
  7. surat pernyataan keaslian karya sastra.
  8. surat pernyataan tidak pernah terlibat tindak kriminal apapun.
Berkas dapat dikirimkan melalui pos atau diserahkan langsung ke balai/kantar bahasa setempat paling lambat 30 Mei 2019 (cap pos diterima). Khusus peserta yang berdomisili di wilayah Provinsi DKI Jakarta, berkas dapat dikirim atau diserahkan langsung ke Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. G. Lain-Lain Informasi lebih Lanjut silahkan hubungi : Demikianlah artikel tentang, Penghargaan Taruna Sastra dan Acarya Sastra Tahun 2019. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar