Pendaftaran Taruna STMKG Baru 2019-2020 (Jadwal dan Persyaratan Penerimaan STMKG)

Ilmuguru | Portal Informasi Dunia Pendidikan | Minggu, 31 Maret 2019
Pendaftaran Taruna STMKG

Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Tahun Akademik 2019/2020.


Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang mempersiapkan kader tenaga ahli tingkat madya, guna mendukung tugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara, yang secara teknis akademik, pembinaanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis operasional dilakukan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), pada Tahun Akademik 2019/2020 mengundang para pemuda/pemudi Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi penerimaan menjadi Taruna Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dengan ketentuan sebagai berikut:

A. Jenjang dan Program Studi
Jenjang Sarjana Terapan dengan program studi
Program Studi Taruna Taruni
Meteorologi 63 7
Klimatologi 27 3
Geofisika 27 3
Instrumentasi-MKG 120

B. Persyaratan Calon Taruna STMKG Tahun Akademik 2019/2020
1. Persyaratan Umum
  • Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-)2, spheris dan tidak silinder.
  • Umur tidak kurang dan 16 tahun dan tidak lebih dan 21 tahun pada tanggal 1 September 2019.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  • Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  • Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  • Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Persyaratan Akademik
  • Lulus / akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elekfronika Industri, Teknik Mekafronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  • Lulus / akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada butir (a) tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG). Kompetensi keahlian selain pada butir (a) tersebut tidak dapat diterima.
  • Bagi yang lulus sebelum tahun 2018, nilai ijazah untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  • Bagi yang akan lulus pada tahun 2019, nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).

C. Tata Cara Pendaftaran
  1. Pendaftaran dilakukan secara online terintegrasi melalui portal Panitia Pendaftaran & Seleksi Sekolah Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id dimulai tanggal 9 s.d 30 april 2019.
  2. Pendaftar harus terlebih dahulu yakin memenuhi seluruh syarat di bagian B sebelum melakukan pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi persyaratan. pendaftaran tidak dapat dibatalkan dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan. tidak dapat diambil kembali dengan alasan apapun.
  3. Tata cara pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat pada websde ==>> https://stmkg.ac.id dan akun media sosial resmi STMKG (STMKG Official).
  4. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 75.000,-, dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensa Dasar (SKD) sebesar Rp 50000,- Tata cara pembayaran dapat dibaca pada Ketentuan Pendaftaran PTB-STMKG-2019.
Jadwal Pendaftaran:
9-30 APRIL 2019
Kegiatan : Pendaftaran di Laman Penerimaan & Seleksi Sekolah Kedinasan :
https://dikdin.bkn.go.id

D. Jenis Seleksi
Seleksi terdiri atas 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur :
  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris
  3. Tes Kebugaran, Tes Kesehatan den Wawancara

Baca Juga : Daftar dan Syarat Penerimaan Calon Taruna STMKG


E. Ketentuan Lain
  1. Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia PTB STMKG
  2. Jika tetdapat pertanyaan mengenai penyelenggaraan PTB STMKG 2019 dapat melalui helpdesk live chat https://stmkg.ac.id dan dilayani pada jam kerja 08.00 WIB - 18.00 WIB.
  3. Memperhatikan kebutuhan pelaksana tugas jabatan yang akan dilaksanakan oleh calon Taruna/Taruni setelah lulus adalah pengamatan, pengelolaan dan pelayanan Informasi MKG 24 jam dalam seminggu (24/7), serta pemeliharaan alat BMKG. Maka jumlah formasi Taruna yang diterima Tahun 2019 adalah 250 orang dengan komposisi 90% pria dan 10% wanita untuk program studi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika serta 100% pria untuk prodi instrumentasi-MKG.
  4. Hasil-hasil seleksi akan diumumkan melalui laman (website) STMKG https://stmkg.ac.id
  5. Biaya pendaftaran yang sudah disetorkan tidak dapat ditarik kembali untuk alasan apapun.
  6. Keputusan Panitia PTB STMKG 2019 pada setiap tahapan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Demikianlah artikel tentang, Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Tahun Akademik 2019/2020. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar