Ad Code

Pedoman Lomba Karya INOBEL Bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019

Lomba Inobel Guru SD Tingkat Nasional

Download Buku Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional Tahun 2019


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi yang disampaikan oleh Direktorat Pembinaan GuruPendidikan dasar dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Buku Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional Tahun 2019.


Pendidikan merupakan upaya sadar seluruh pihak untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan keunikannya sehingga mampu beradaptasi dengan zaman yang semakin berkembang pada abad ke-21.

Pendidikan abad 21 menuntut guru sebagai ujung tombak pendidikan pada setiap jenjang pendidikan di antaranya jenjang sekolah dasar (SD) untuk menghasilkan generasi yang literat, kompeten, dan berkarakter.

Guru harus memiliki kreativitas dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kreatif dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi.

Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru khususnya guru SD diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD (Inobel SD).

Inobel SD merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD sesuai dengan kekhasan pada jenjang SD, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi seluruh karakteristik peserta didik termasuk anak berkebutuhan khusus.

Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat mengembangkan potensinya dan beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21.

Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dijadikan sebagai rujukan bagi semua guru khususnya guru SD dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SD.

Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD secara efektif dan efisien.

Tujuan Lomba Inobel Guru SD

Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019, sebagai berikut.
  1. memotivasi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran;
  2. memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran;
  3. menghasilkan karya inovasi pembelajaran yang dapat diimplementasikan;
  4. mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;
  5. memublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran melalui prosiding atau jurnal;
  6. memberikan penghargaan kepada guru SD yang berinovasi.

Sasaran Lomba Inobel Guru SD

Sasaran kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup:
  1. Guru yang melakukan inovasi pembelajaran tematik integratif, menggunakan kode GTI;
  2. Guru Kelas yang melakukan inovasi pembelajaran Matematika, menggunakan kode GKM;
  3. Guru yang melakukan inovasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, menggunakan kode GPI.

Hasil Lomba Inobel Guru SD Tingkat Nasional

Hasil yang diharapkan dari perlombaan ini adalah:
  1. termotivasinya guru untuk melakukan inovasi pembelajaran;
  2. termotivasinya guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran;
  3. terhimpunnya karya inovasi pembelajaran yang dapat diimplementasikan;
  4. terdiseminasikannya hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;
  5. terpublikasikannya hasil inovasi pembelajaran guru terpilih dalam jurnal yang dapat digunakan sebagai referensi dan inspirasi dalam peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran; dan
  6. terpilihnya Peringkat I, Peringkat II, dan Peringkat III Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru Tingkat Nasional Tahun 2019.

Manfaat Lomba Inobel

Manfaat kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD di antaranya:
  1. meningkatkan jumlah karya inovasi pembelajaran guru SD, sehingga dapat diadopsi, diadaptasi, dan diimplementasikan oleh guru lain;
  2. mengembangkan budaya belajar kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan kinerja guru SD;
  3. meningkatkan karier guru SD pemenang lomba inovasi pembelajaran;
  4. menginspirasi guru SD untuk mengembangkan pembelajaran inovatif sehingga berdampak terhadap peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik.

Silahkan Download Pedoman Perlombaan Karya INOBEL Bagi Guru SD Tingkat Nasional Berikut ini



Download Buku Pedoman Perlombaan Karya INOBEL Bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019

Demikianlah artikel tentang :

Buku Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional Tahun 2019

Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar