Komentar Anda

Juknis, Syarat dan Jadwal Pendaftaran BIDIKMISI Tahun 2019

Juknis (Panduan) Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019

Download Juknis, Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN serta Jalur PMDK-PN, UMPN dan MAndiri


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memberikan informasi mengenai Juknis, Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN serta Jalur PMDK-PN, UMPN dan MAndiri.


Mengawali tahun 2019 ini, kami sampaikan bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas.

Bidikmisi adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Bidikmisi yang dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), untuk tahun 2019 telah ditingkatkan kuotanya hingga 50% lebih tinggi daripada tahun sebelumnya.

Hal ini dimaksudkan agar Program Bidikmisi dapat memberikan layanan bantuan yang lebih luas lagi kepada para siswa yang memerlukan.

Selain itu, pada tahun ini juga Kemenristekdikti bersama dengan Majelis Rektor PTN se Indonesia (MRPTNI) telah melakukan transformasi yang signifikan terhadap Sistem Seleksi Mahasiswa Baru, baik secara kelembagaan dengan dibentuknya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), maupun secara substansi tes dan pelaksanaannya melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lebih dari satu kali.

Dengan berbagai upaya lain yang dipadukan untuk lebih meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terdidik, diharapkan negara dapat hadir memfasilitasi dengan lebih baik agar para siswa memiliki kesempatan yang lebih luas untuk belajar di jenjang pendidikan tinggi.

Kondisi ekonomi tidak mampu adalah sebagai berikut
  1. Pemegang KIP atau KPS atau BSM atau;
  2. Pendapatan total kotor gabungan kedua orang tua (yang masih membiayai) adalah sebesar besarnya 4 juta rupiah dan;
  3. Pendidikan orang tua setinggi tingginya S1/D4
Sedangkan Bidikmisi juga terbuka bagi Calon Mahasiswa yang berasal dari Keluarga PNS, namun harus memenuhi persyaratan kriteria di atas atau masih masuk kelompok tidak mampu.

Pendapatan kotor adalah yang sebelum dipotong potongan cicilan atau kewajiban lainnya. Namun demikian jika nanti misalkan ada laporan yang menyebutkan bahwa Anda mampu maka panitia akan melakukan verifikasi ulang atas kelayakan. Jika nanti ternyata anda mampu maka akan diberikan sanksi berdasar pedoman bidikmisi.

Persyaratan Daftar BIDIKMISI Tahun 2019

Persyaratan Bidkmisi (Bidik Misi) 2019. Persyaratan untuk mendaftar tahun 2019 sebagai Calon Penerim Bidkmisi (Bidik Misi) 2019 adalah sebagai berikut:
  • Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019, memiliki identitas berupa NISN dan NPSN yang valid di PDSPK.
  • Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  • Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
  • a) Siswa Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau
  • b) Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
  • Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  • Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  • Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
  • a) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  • b) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
  • c). Seleksi mandiri PTN.
  • d) Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
  • e) PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Jadwal Bidikmisi Tahun 2019

Jadwal Bidikmisi (Bidik Misi) tahun 2019. Jadwal Bidikmisi tahun 2019 adalah sebagai berikut:

No Nama Kegiatan Tanggal Mulai Tanggal Selesai
1 Pendaftaran Sekolah 31januari 2019 30 September 2019
2 Pendaftaran Siswa 01 Februari 2019 31 Oktober 2019
3 SNMPTN 04 Februari 2019 14 Februari 2019
4 Seleksi Mandiri PTN 04 Februari 2019 30 September 2019
5 PMDK-PN 04 Februari 2019 06 April 2019
6 SBMPTN 01 Maret 2019 24 Juni 2019
7 UMPN 15 April 2019 31 Mei 2019
8 Seleksi Mandiri PTS 29 April 2019 30 September 2019

Biaya Bidikmisi Tahun 2019

Besaran Biaya Bidikmisi 2019 adalah sebesar 6.6 Juta Rupiah/Mhs/Semester yang terdiri atas 2 komponen :
  1. Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebesar Rp2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) per-semester per-mahasiswa.
  2. Bantuan biaya hidup yang dibayarkan ke rekening mahasiswa sebesar Rp 4.200.000,00 (empat juta dua ratus ribu rupiah) per-semester per mahasiswa yang ditetapkan dengan SK Rektor/Direktur/Ketua.

Bantuan Biaya PTN dan PTS

  1. Biaya PTN, bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dibayarkan ke rekening PT dan bantuan biaya hidup dibayarkan ke rekening mahasiswa.
  2. Biaya PTS, bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup dibayarkan ke rekening LLDIKTI.

Selain kedua biaya tersebut, setiap tahunnya PT memperoleh biaya pengelolaan program yang jumlahnya dihitung berdasarkan kuota awal Bidikmisi tahun berjalan. Pada tahun 2019, besarnya biaya pengelolaan yang diterima PT adalah Rp. 300.000 x kuota awal 2019.

Penerima Bidikmisi tidak dibebankan biaya pendidikan apapun kecuali biaya pendidikan lainnya yang tidak wajib seperti field trip, biaya kerja lapangan, biaya penunjang pendidikan yang bersifat komunal seperti jas almamater/buku teks, dan biaya wisuda.

Untuk lebih jelasnya Silahkan Download Juknis, Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN serta Jalur PMDK-PN, UMPN dan MAndiri Berikut ini

Demikianlah artikel tentang :

Juknis, Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN serta Jalur PMDK-PN, UMPN dan MAndiri

Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!

Posting Komentar

0 Komentar