Home » , » Cara Mudah Mengajukan NUPTK Terbaru Lewat Dapodik

Cara Mudah Mengajukan NUPTK Terbaru Lewat Dapodik

Ilmuguru.org - pada kesempatan kali ini IG (Ilmuguru)ingin memberitahukan kepada anda mengenai "Syarat dan Cara Mengajukan NUPTK Terbaru 2017/2018 Lewat DAPODIK.

NUPTK itu sendiri merupakan syarat bagi seorang guru guna untuk dapat mengikuti berbagai program strategis yang di lakukan oleh kemendikbud, dan yang paling utama yaitu masalah pemberian tunjangan sertifikasi guru.

Mengapa NUPTK itu penting?

NUPTK merupakan nomor unik yang akan menjadi identitas bagi seorang pendidik maupun tenaga pendidik, baik yang bertugas di sekolah swasta maupun di negeri.

Syarat dan Pengajuan NUPTK Lewat Dapodik

Syarat dan Cara Cara Mengajukan NUPTK Terbaru Tahun 2017/2018 Lewat Dapodik


Salah satu poin yang paling penting dari kepemilikan NUPTK adalah sebagai salah satu syarat seorang guru bisa mengikuti program kesejahteraan, salah satu contohnya yaitu pemberian tunjangan, yang biasa di sebut dengan sertifikasi guru dan tunjangan fungsional.

Info Penting: Nomor yang berjumlah 16 digit itu bersifat permanen dan tidak akan bisa berubah meskipun anda sebagai pemiliknya berpindah satmikalnya.

Data dari seorang guru bersumber dari Dapodik sekolah, jadi pastikan bagi anda yang mengisi data pada dapodik sudah valid sedangkan ketika data sudah valid dan memenuhi syart untuk mendapatkan NUPTK baru maka akan secara otomatis akan masuk ke dalam menu calon penerimaan NUPTK.

Syarat Pengajuan NUPTK Baru 2017/2018

Syarat pengajuan NUPTK ini hanya bagi seorang guru Bukan PNS, TK/Paud, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA serta SMK
  • KTP
  • SK Kepala Daerah (Bupati/Wali Kota/Gubernur) untuk Guru di Sekolah Negeri dan SK GTY untuk guru di sekolah swasta
  • Surat Tugas Kepala Sekolah (dari atasan langsung)
  • Ijazah jenjang SD; SMP; SMA/SMK dan S1/D4
Syarat Pengajuan NUPTK bagi Guru berstatus PNS/CPNS
  • KTP
  • SK Pengangkatan PNS/CPNS Asli (Buka Foto Copy)
  • SK Penugasan
  • Ijazah jenjang SD; SMP; SMA/SMK dan S1/D4
Syarat Umun Pengajuan NUPTK baru
  • Guru, KS, PS TK; SD; SMP; SMA; SMK ; PLB. PTK pada Satuan Pendidikan Non Formal: KB; TPA; SPS; PKBM; TBM; Kursus; UPT
  • Guru CPNS/PNS; PS PNS; Guru Non-PNS S1/DIV dari PTN yg memiliki prodi terakreditasi atau PTS yg terakreditasi Kopertis bagi PTK yang diangkat sesudah Januari 2006.
  • PTK aktif dalam aplikasi dapodikdasmen dan dapodik paud-dikmas.

Bagi rekan-rekan guru jika anda sudah memenuhi kriteria di atas namun belum juga kejaring sebagai calon penerima NUPTK dan bisa mengajukan permohonan ke group facebook elpdesk VervalGTK dan NUPTK yang menyebutkan identitas guru seperti Nama, Satmikal dan NPSN.

Cara Pengajuan NUPTK Baru Secara Online

  • Login ke portal layanan vervalPTK Disini
  • Gunakan user dan password SDM / Dapodik. Setelah login silahkan menuju menu NUPTK – Calon Penerima NUPTK Pilih nama Guru selanjutnya pilih tombol Upload Document.
  • Dokumen yang harus diunggah yakni: Scan KTP; SK GTT Sekolah Negeri (SK Bupati/Kepala Daerah) SK GTY Sekolah Swasta; Scan Ijazah SD; SMP; SMA/SMK; serta ijazah S1/D4; Scan SK CPNS/PNS; Surat Penugasan Dinas (SPMT) bagi guru berstatus PNS/CPNS.

Perlu anda ketahui semua dokumen merupakan hasil pindai file asli bukan fotocopy hasil scan harus secara jelas hanya untuk menampilkan identitas anda. Harap diingat bagi anda yang hendak mengupload file, ada baiknyya setiap file anda beri nama sesuai dengan dokumen. sebagai contoh Ijazah SMP sebaiknya anda beri nama Ijazah SMP.

Demikianlah Informasi yang bisa saya berikan tentang:

Syarat dan Cara Cara Mengajukan NUPTK Terbaru Tahun 2017/2018 Lewat Dapodik

Selamat Belajar, Semoga Sukses...!!!

Silahkan Bagikan Informasi ini Ke Teman Kamu Yang Lainnya Ya...!!!

Loading...

1 komentar:

  1. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb...

    BalasHapus

Back to top